PENGARUH MUTU PELAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS SEMULA JADI KOTA TANJUNG BALAI TAHUN 2021
Abstract
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibanding dengan harapannya. Kepuasan pasien akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari pemberi jasa kepada pasien sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketidakpuasan pasien terjadi apabila hasil yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan pasien. Kebaruan penelitian karena menganalisis pengaruh mutu pelayanan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan SDM terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjung Balai. Metode penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif dengan desain Cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dan yang menjadi sampel sejumlah 45 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Analisis data bivariate menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bukti fisik (tangible) dengan kepuasan pasien dengan nilai P-value 0,000 <α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara kepedulian (empathy) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 <α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan keandalan (reliability) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 <α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara daya tanggap (responsiveness) dengan kepuasan pasien dengan P-value 0,000 <α 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara jaminan (assurance) dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Semula Jadi dengan P-value 0,001 <α 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan signifikan antara bukti fisik (tangible), kepedulian (empathy), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) dengan kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pemerintah Indonesia. Undang-undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta; 2009.
Handayani S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam Media Publ Penelit [Internet]. 1 September 2016;14(1):42. Tersedia pada: http://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/135
Salsabila N, Fitriani AD, Nyorong M. Analysis Of Organizational Behavior In The Application Of Hospital Management Information Systems (SIMRS) At Cut Meutia Langsa Hospital. Jambura J Heal Sci Res [Internet]. 10 Januari 2023;5(1):220–8. Tersedia pada: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/17361
Taliaso CS, Mandagi CK., Kolibu FK. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado. J Kesmas. 2018;7(4):1–10.
Christiani Nababan M, Listiawaty R, Berliana N. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. J Kesmas Jambi [Internet]. 23 September 2020;4(2):6–16. Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/jkmj/article/view/10565
Purba E, Putriana A, Pasaribu AR. Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD DR. R.M. Djoelham Binjai Tahun 2022. J Ilm Perekam dan Inf Kesehat Imelda [Internet]. 28 Februari 2023;8(1):77–86. Tersedia pada: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI/article/view/1137
Sondakh BR, Tampi JRE, Tumbel TM. Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap dan Empati, Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas. J Adm Bisnis. 2019;9(3):101.
Budiono, Robbah A. Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pada Puskesmas Winongan Kabupaten Pasuruan. Sawala J Adm Negara [Internet]. 1 Desember 2021;9(2):201–12. Tersedia pada: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/3381
Effendi K. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excell Midwifery J [Internet]. 12 November 2020;3(2):82–90. Tersedia pada: http://jurnal.mitrahusada.ac.id/index.php/emj/article/view/127
Fannya P, Sulastri D, Rasyid R. Analisis Mutu Pelayanan Puskesmas Kota Padang Menggunakan Teknik Importance - Performance Analysis. J Kesehat Med Saintika. 2018;9(2):11–24.
Pakaya N, Sulemen I, Antu M. The Relationship Between Caring Nurses And Patient Satisfaction In The Er Room Of Aloei Saboe Hospital, Gorontalo City. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 28 Oktober 2022;6(3):293–307. Tersedia pada: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/16350
Tsu DP, Regaletha TAL, Kenjam Y. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta JKN di Puskesmas Oesapa Tahun 2022. Sehat Rakyat (Jurnal Kesehat Masyarakat). 2022;1(4):399–408.
Kartikawati DR. Tanggung Jawab Rumah Sakit terhadap Pemenuhan Hak Pasien pada Masa Pandemi COVID-19. Indones Law Reform J [Internet]. 25 November 2021;1(3):318–35. Tersedia pada: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ilrej/article/view/18223
Syamsiah S, Nurlelah S. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Bpjs Terhadap Kepuasan Pasien Di Puaskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang – Banten Tahun 2019. J Ilmu dan Budaya. 2020;41(66):7901–10.
Sulastri, Litik SKA, Sirait RW. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lurasik Kabupaten Timor Tengah Utara. J Pangan Gizi dan Kesehat [Internet]. 1 November 2021;10(2):94–107. Tersedia pada: https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index.php/filejurnal/article/view/158
Lina N, Novianti S. Patient Satisfaction During The Covid-19 Pandemic At The Tasikmalaya Regency Chronic Disease Service Facility. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 26 Januari 2023;7(1):108–21. Tersedia pada: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/17370
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.
DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i2.18633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
</p