PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP POS PEMBINAAN TERPADU (POSBINDU) PENYAKIT TIDAK MENULAR DI PUSKESMAS DATUK BANDAR, KOTA TANJUNG BALAI

Ryda Putri Sirait, Herbert Wau, Frans Judea Samosir

Abstract


Survey yang dilakukan, diketahui bahwa peserta yang mengikuti Posbindu PTM di Puskesmas Datuk Bandar Kota Tanjung Balai belum memenuhi target nasional (70%). Kebaruan dalam penelitian karena meneliti tentang perspektif masyarakat terhadap pos pembinaan terpadu (posbindu) penyakit tidak menular. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai Posbindu PTM yang ada di lokasi penelitian. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan populasi yaitu seluruh masyarakat yang mengikuti Posbindu PTM berjumlah 104 jiwa. Sedangkan, informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 jiwa yang dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Wawancara mendalam digunakan untuk mengukur perspektif masyarakat. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat yang turut serta mengikuti kegiatan Posbindu PTM dikategorikan masih rendah atau sedikit. Hal ini disebabkan karena sosialisasi yang masih kurang sehingga masyarakat tidak ikut dan tidak tahu mengenai kegiatan ini serta informasi penjadwalan kunjungan ulang peserta posbindu PTM. Kesimpulan bahwa masyarakat yang mengikuti posbindu PTM dikategorikan masih rendah, karena kurangnya sosialisasi dan informasi pemanfaatan dan penjadwalan posbindu kepada masyarakat serta kurangnya pemahaman tentang pelaksanaan posbindu dan kesadaran masyarakat.


Keywords


Penyakit Tidak Menular; Perspektif; Posbindu.

Full Text:

PDF

References


Sari DWR, Savitri M. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Setia Budi Kota Jakarta Selatan Tahun 2018. J Kebijak Kesehat Indones. 2018;7(2).

Riskesdas. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2018.

Pangalo P, Zees RF, Koniyo MA, Sapiun Z. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui Edukasi dan Terapi Autogenik kepada Kader Kesehatan, Pengurus PKK dan aparat Kelurahan sebagai Kelompok Risiko PTM dan Klien PTM di Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. J Noncommunicable Dis. 2022;2(1):30–5.

Dinkes Prov Sumut. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. Dinkes Prov Sumut; 2019.

Permenkes RI No. 71 Tahun 2015. Tentang Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.

Pulungan RM, Karima UQ. Pembentukan Pos Edukasi PTM (Penyakit Tidak Menular) di Puskesmas Cikulur. Ikra ITH Abdimas. 2020;3(3):91–6.

Kemenkes RI. Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Posbindu Bagi Kader. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2019.

Amanda FT, Wau H, Dameria D. Determinan Partisipasi Masyarakat terhadap Program Posbindu PTM: Evaluasi Program di Wilayah Kerja Puskesmas. Media Karya Kesehat [Internet]. 2023 May 19;6(1). Available from: http://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/45568

M A, Kurnia Rahim F. Faktor yang Berkaitan dengan Keikutsertaan Lansia dalam Kegiatan Posbindu di Puskesmas Nusaherang Kabupaten Kuningan. Afiasi J Kesehat Masy [Internet]. 2020 Apr 13;5(1):33–40. Available from: http://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/97

Rusmiati, Hidayat W, Silitongga E. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pos Pelayanan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. J Healthc Technol Med. 2021;7(2):1512–25.

Saraswati D, Lina N. Faktor Risiko Penyakit Jantung pada Masyarakat di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Puskesmas Cibeureum. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community [Internet]. 2020 Mar 17;4(1):1–7. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/4426

Batubara S, Martial T, Rahmat A. Edukasi Multimedia Tentang Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. J Deli Sumatera. 2021;I(I):10–4.

Nisa AA, Nugroho E, Ediyarsari P, Utami ANM, Suci CW, Laily LA, et al. Implementasi Posbindu PTM untuk Mendukung UNNES Menjadi Kampus Sehat. J Pengabdi Kesehat Masy Pengmaskesmas. 2022;2(2):146–53.

Suhbah WDA, Suryawati C, Kusumastuti W. Evaluasi Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (posbindu PTM) Puskesmas Sukolilo I Kabupaten Pati. J Kesehat Masy. 2019;7(4):647–57.

Sicilia G, Dewi FST, Padmawati RS. Evaluasi Kualitatif Program Penyakit Tidak Menular Berbasis Posbindu di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Bungo I. J Kebijak Kesehat Indones. 2018;7(2):88–91.

Nasus E, Saputri E. Analisis Determinan Proksi Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM). J Kesehat [Internet]. 2022 Sep 7;13(2):325. Available from: http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/3042




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v6i2.21426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p