EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG DAMPAK KEHAMILAN REMAJA

lia artika sari

Abstract


Kehamilan remaja adalah kehamilan yang terjadi pada wanita usia 14-19 tahun baik melalui proses pranikah atau nikah. Kehamilan remaja berdampak negatif pada kesehatan remaja dan bayinya, juga dapat berdampak sosial dan ekonomi. Di Indonesia masih banyak remaja yang belum mendapatkan pengetahuan yang komprehensif mengenai dampak kehamilan remaja. Pencegahan terjadinya kehamilan remaja dapat berupa pendidikan kesehatan kepada remaja dengan media Booklet dan Leaflet. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan two group pre-test post-test design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara proporsional stratified random sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan booklet dan leaflet dengan menggunakan Uji T dependen, dan analisa bivariat untuk mengetahui efektivitas media booklet dan leaflet menggunakan Uji T independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet dan leaflet memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang dampak kehamilan remaja dengan nilai p-value 0,001 <0,05. Dari hasil uji T independen menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas antara booklet dan leaflet dengan nilai p-value 0,001 <0,05. Booklet dan leaflet memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, jika dibandingkan kedua media tersebut media booklet lebih efektif dibandingkan media leaflet dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang dampak kehamilan remaja di SMA Swasta Pertiwi Kota Jambi.

 


Keywords


Booklet; Leaflet; Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Dewi. Wawan. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dinas Kesehatan Kota Jambi. 2016. Profil Kesehatan Kota Jambi. Jambi: Dinas Kesehatan Kota Jambi

Dinas Kesehatan Kota Jambi. 2017. Profil Kesehatan Kota Jambi. Jambi: Dinas Kesehatan Kota Jambi

Hasdianah. Sandu. 2013. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika

Hidayat. A. A. 2010. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat. A. A. 2011. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Iqbal dkk. 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Maryam. 2014. Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kebidanan. EGC: Jakarta

Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pinem, Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi & Kontrasepsi. Jakarta: CV. Trans Info Media

Manuaba, Ida Bagus. 1998. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC

Saryono. Ari Setiawan. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan DIII, DIV, S1 dan S2. Cet. ke-3, Oktober. Yogyakarta: Nuha Medika.

Soetjiningsih. 2007. Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta : Sagung Seto.

Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Syafrudin, Hamidah. 2009. Kebidanan Komunitas. Jakarta: EGC

Diah Ratna fitriastutik. 2010. Efektivitas Booklet Dan Permainan Tebak Gambar Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kelas IV Terhadap Karies Gigi Di SD Negri 01,02, Dan 03 Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2009/2010.

Dwi Ambar Sari. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan HIV/AIDS Melalui Metode Audiovisual dan Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Seks Bebas Pranikah pada Remaja di SMA XX Semarang.

I Wawan Sutama. 2008. Membandingkan Efektivitas booklet dengan leaflet dan upaya perbaikannya dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap pencgahan HIV/AIDS.

Malikatul Ma’munah. 2015. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Terhadap Pengetahuan Nutrisi Ibu Laktasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur.

Surya Wibowo, Dyah Suryani. 2013. Pengaruh Promosi Kesehatan Metode Audio Visual Dan Metode Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Monosodium Glutamat (Msg) Pada Ibu Rumah Tangga




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v1i2.2388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p