BURNOUT DAN KUALITAS HIDUP DOKTER UMUM YANG BEKERJA SEBAGAI ASISTEN DOSEN

Irfan Helmi Nugroho, Riana Marsella

Abstract


Dokter umum memiliki pilihan karir yang cukup luas, salah satunya dapat menjadi tenaga pengajar yaitu asisten dosen. Burnout didefinisikan sebagai kelelahan kronik yang memiliki tiga dimensi berupa kelelahan emosional, depersonalisasi dan berkurangnya kepuasan terhadap pencapaian pribadi. Dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen memiliki risiko tinggi mengalami kejadian burnout akibat beban kerja yang ditanggung. Kebaruan dalam penelitian ini yaitu meneliti tentang burnout dan kualitas hidup dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen. Penelitian ini bertujuan mengetahui angka kejadian burnout dan gambaran kualitas hidup dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan diberlakukan pada dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen pada fakultas kedokteran dengan total sampel sebanyak 25 orang. Burnout pada penelitian ini diukur menggunakan instrumen Maslach Burnout Inventory (MBI) dan kualitas hidup pada penelitian ini diukur menggunakan instrumen The World Health Organization Quality of Life –BREF (WHOQOL-BREF). Hasil Penelitian didapatkan angka kejadian burnout pada dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen sebesar 56% mengalami tingkat kejadian burnout rendah dan 44% mengalami tingkat kejadian burnout sedang. Kualitas hidup dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen didapatkan 84% memiliki kualitas hidup yang tinggi, 12% memiliki kualitas hidup yang sangat tinggi dan 4% memiliki kualitas hidup yang rendah. Kesimpulan penelitian yaitu sebagian besar dokter umum yang bekerja sebagai asisten dosen memiliki tingkat burnout rendah dan kualitas hidup tinggi.


Keywords


Asisten dosen; Burnout; Dokter umum; Kualitas hidup.

Full Text:

PDF

References


Edú-Valsania S, Laguía A, Moriano JA. Burnout: A Review of Theory and Measurement. Int J Environ Res Public Health. 2022 Feb 4;19(3):1780.

De Hert S. Burnout in Healthcare Workers: Prevalence, Impact and Preventative Strategies. Local Reg Anesth. 2020 Oct 28;13:171–83.

Nurikhwan PW, Felaza E, Soemantri D. Burnout and quality of life of medical residents: a mixed-method study. Korean J Med Educ. 2022 Mar;34(1):27–39.

Syarif AH, Ichwan HN, Meisita A, Aisyi M, Dewantari R. Burnout Syndrome among General Practitioners in A Tertiary Referral Center. 2020;8(2).

West CP, Dyrbye LN, Shanafelt TD. Physician burnout: contributors, consequences and solutions. J Intern Med. 2018 Jun;283(6):516–29.

WHO WHO. WHOQOL - Measuring Quality of Life| The World Health Organization [Internet]. 2022 [cited 2023 Jun 28]. Available from: https://www.who.int/tools/whoqol

Nurhayati E, Respati T. Pilihan Karier Lulusan Program Pendidikan Profesi Dokter Universitas Islam Bandung Tahun 2015. 2016;4(2).

Pahlevi MFP. Gambaran Academic Burnout saat Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Program Dokter Spesialis (PPDS) Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara [Internet] [Thesis]. Universitas Sumatera Utara; 2022 [cited 2023 Jul 1]. Available from: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/78771

Sutoyo D, Kadarsah RK, Fuadi I. Sindrom Burnout pada Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. J Anestesi Perioper. 2018 Dec 29;6(3):153–61.

Fealy JL, Punnett A, Burrows HL, Fenick AM. Educational roles impact burnout in paediatric undergraduate medical educators. Clin Teach. 2023 Feb;20(1):e13549.

Rakofsky JJ, Dallaghan GB, Balon R. Measuring Burnout Among Psychiatry Clerkship Directors. Acad Psychiatry J Am Assoc Dir Psychiatr Resid Train Assoc Acad Psychiatry. 2018 Feb;42(1):68–72.

Kavanagh KR, Spiro J. Faculty Wellness: Educator Burnout among Otolaryngology Graduate Medical Educators. Otolaryngol Neck Surg. 2018 Jun;158(6):991–4.

Dyrbye LN, Shanafelt TD, Thomas MR, Durning SJ. Brief observation: a national study of burnout among internal medicine clerkship directors. Am J Med. 2009 Mar;122(3):310–2.

Khatatbeh H, Pakai A, Al‐Dwaikat T, Onchonga D, Amer F, Prémusz V, et al. Nurses’ burnout and quality of life: A systematic review and critical analysis of measures used. Nurs Open. 2021 May 15;9(3):1564–74.

López-Frutos P, Pérez-Rojo G, Noriega C, Velasco C, Carretero I, Martínez-Huertas JÁ, et al. Burnout and Quality of Life in Professionals Working in Nursing Homes: The Moderating Effect of Stereotypes. Front Psychol [Internet]. 2022 [cited 2023 Jun 28];13. Available from: https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2022.772896

Akram Z, Sethi A, Khan AM, Zaidi FZ. Assessment of burnout and associated factors among medical educators. Pak J Med Sci. 2021;37(3):827–32.

Mashuri YA, Primaningtyas W, Hastuti H, Aryoseto L, Qothrunnada N, Febrinasari RP, et al. Burnout Dan Kualitas Hidup Civitas Akademika Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Di Universitas Sebelas Maret. Biomedika. 2022 Mar 14;14(1):10–9.

Tang C, Guan C, Liu C. Quality of working life of medical doctors and associated risk factors: a cross-sectional survey in public hospitals in China. BMJ Open. 2022 Nov 1;12(11):e063320.

Anggita KN. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Hidup Dokter Gigi Post COVID-19 Di Kota Padang [Internet]. 2022 [cited 2023 Jul 31]. Available from: http://scholar.unand.ac.id/108601/

Storman M, Storman D, Maciąg J. Quality of work-life among young medical doctors in Poland. Int J Occup Saf Ergon. 2022 Jul 3;28(3):1611–7.

Magzumova R, Bozheyeva I, Mustafayev Z, Utepova D, Turzhanova D. Quality of Life of Medical University Teachers. Syst Rev Pharm. 2020;11(12).

Alves PC, Oliveira A de F, Paro HBM da S. Quality of life and burnout among faculty members: How much does the field of knowledge matter? PLoS One. 2019 Mar 22;14(3):e0214217.




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v6i4.24637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p