PENGARUH ECO AIRPORT, KEBUDAYAAN, DAN IMPLEMENTASI K3 TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENUMPANG DENGAN MODERASI CUSTOMER ENGAGEMENT DI BANDAR UDARA BANYUWANGI

Johan Seno Acton, Tatan Sukwika, Soehatman Ramli

Abstract


Bandar Udara Banyuwangi menerapkan konsep Eco Airport yang mengintegrasikan green building, K3, dan unsur kebudayaan lokal, dengan fokus pada area landside. Kebaruan penelitian ini yaitu memberikan kontribusi pada pengembangan manajemen bandara dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan jumlah penumpang melalui penerapan konsep Eco Airport dan dan kearifan lokal. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh Eco Airport, kebudayaan, dan K3 terhadap jumlah penumpang, serta peran moderasi customer engagement. Penelitian menggunakan desain kuantitatif cross-sectional dengan 100 responden yang diambil melalui accidental sampling dari populasi rata-rata 17.000 penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Eco-Airport, unsur kebudayaan, dan implementasi K3 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah penumpang serta customer engagement di Bandar Udara Banyuwangi, dengan kontribusi customer engagement sebesar 5,90%. Sementara itu, faktor lain yang mempengaruhi customer engagement mencapai 94,10%, yang berasal dari variabel-variabel di luar penelitian ini. Kesimpulan bahwa Eco Airport, kebudayaan dan implementasi K3 mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah penumpang.

Keywords


Customer Engagement; Eco Airport; Implementasi K3; Kebudayaan; Penumpang pesawat.

Full Text:

PDF

References


Suryan V, Amalia D, Martadinata MI, Septiani V, Nurfitri MA, Silitonga E, et al. Eco Airport Design: Rancangan Gedung Terminal Ramah Lingkungan pada Bandar Udara. J Talent Sipil [Internet]. 2024 Aug 6;7(2):759. Available from: http://talentasipil.unbari.ac.id/index.php/talenta/article/view/583

Rossa A, Alfian Firmansyah M, Zuhri S. Pengaruh Desain Fasad Bandara Banyuwangi Terhadap Kenyamanan Termal. ADBE. 2023;3(1):113–23.

Safarin Dwi Cahyaningrum, Kifni Yudianto. Pengaruh Penerapan Konsep Green Building terhadap Kenyamanan Pengguna Jasa di Terminal Bandar Udara Internasional Banyuwangi. J Ilm Dan Karya Mhs [Internet]. 2023 Apr 5;1(2):112–20. Available from: https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/view/210

Rizky MI, Fauziah S. Analysis of Implementation Of Occupational Safety and Health (K3) in Passenger Baggage Handling at Iskandar Pangkalan Bun Airport. J Gr Handl Dirgant. 2023;5(1):82–8.

Mahdi M, Rinuastuti H, Saufi A. Influence of Trust on Customer Engagement and Intention to Reuse Ferry Transportation Modes Lembar – Padangbai. Int J Multicult Multireligious Underst. 2021;8(12):475.

Riorini SV, Widayati CC. Relationship Commitment dan Keterlibatan Pelanggan: Stimulus serta Konsekwensi Pada Konsumen Pengguna Transportasi Darat. Mix J Ilm Manaj. 2015;5(3):418–36.

Nurdiansyah R, Mariam S, Ameido MA, Ramli AH. Work Motivation, Job Satisfaction and Employee Performance. Bus Entrep Rev. 2020;20(2):153–62.

Akhwan, Feri, Aji M, Nugrahaini, Tri F. Efektifitas Penerapan Konsep Green Building pada Hotel terhadap Daya Tarik Pengunjung. Pros Semin Ilm Arsit 2021 [Internet]. 2021;265–74. Available from: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12593%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/12593/33. Aji 265-274.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ridho A, Batoebara MU, Purba B. Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Penumpang pada Maskapai PT.Citilink Indonesia Bandara Kualanamu Melalui Instagram. Netw Media [Internet]. 2023 Jul 31;6(2):1–8. Available from: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/article/view/3531

Japarianto E, Nugroho BW. Analisa Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. J Strateg Pemasar [Internet]. 2020;7(1):11. Available from: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10025

Mahardhika S, Ardianto OPS. Aplikasi Corak Budaya Kalimantan Barat pada Desain Instalasi Kinetik Interior Bandar Udara Internasional Supadio. J Sains dan Seni ITS [Internet]. 2023 Apr 11;11(4). Available from: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/72936

Nurfauzy R, Fitriany D. Implementasi Unsur Budaya Bali Pada Area Boarding Lounge Bandara I Gusti Ngurah Rai. FAD. 2023;2(2):139–48.

Aziz AM, Sukwika T, Gunawijaya J. Manajemen Pengembangan Ekowisata Kampung Lolai Negeri di Atas Awan Toraja Utara Berbasis Konservasi Alam dan Budaya. J Ind Pariwisata [Internet]. 2022 Mar 2;4(2):108–21. Available from: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/659

Juarsa D, Erislan E, Sukwika T. Pengaruh Penerapan Safety Culture melalui Program Indirect Injury Free terhadap Kinerja Keselamatan Kesehatan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja pada Karyawan Perusahaan Gas PT XYZ. Malahayati Nurs J. 2023;5(8):2400–16.

Juanda A, Sukwika T, Kholil K. Analisis Budaya Organisasi dan Program Retensi terhadap Kinerja Tenaga Pendidik pada Masa COVID-19. J Manaj dan Organ. 2023;14(1):69–79.

Ilmiatun N, Nieamah KF. The Influence of Occupational Safety and Health (K3) on the Performance of Avsec Officers at Sultan Muhammad Salahuddin Bima Airport. QISTINA J Multidisiplin Indones [Internet]. 2024 Jun 1;3(1):348–62. Available from: https://rayyanjurnal.com/index.php/qistina/article/view/2138




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v7i1.28902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p