Sistem Pengelolaan Laporan Pengaduan Pelanggaran Internal Organisasi Berbasis Web Mobile

Rifky Lutfi Datau, Lillyan Hadjaratie

Abstract


Sistem pelaporan pengaduan yang saat ini masih secara konvensional seringkali mengalami permasalahan seperti kehilangan berkas aduan dan pelapor yang tidak mengetahui mengenai laporan yang telah diadukan. Hal ini terjadi disebabkan sistem yang belum real time. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pemanfaatan sistem dalam mekanisme pengelolaan laporan pengaduan dan meminimalkan resiko masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengelolaan laporan pengaduan berbasis web mobile di pemerintah Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode Prototype. Penelitian ini menghasilkan sistem untuk mengelola laporan pengaduan yang memberikan hak akses bagi admin, pelapor, pengelola, dan pimpinan. Sistem ini juga dapat mempermudah pembuatan laporan pengaduan sehingga dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Selain itu, pelapor dapat dengan mudah mengajukan pengaduan, pengelola dapat dengan mudah mencari data mengenai laporan pengaduan dan pimpinan dapat dengan mudah memonitor laporan pengaduan yang masuk.

The conventional complaint reporting system often experiences problems; one of them is losing the complaint file. It is worsened by the condition in which informants might not know about the report that has been filed. This condition happens due to the non-real-time system. Based on this problem, it is necessary to use the system in the complaint report management mechanism and minimize the risk of the occurred problems. This study aimed to develop a mobile web-based complaint report management system for the government of Gorontalo Province. This research uses the Prototype method. This research designed a system for managing complaint reports that provide access rights for admins, informants, managers, and leaders. Further, this system provided easier access to make complaint reports to be accessed anywhere and anytime. Moreover, it would be easier for informants to file complaints, managers to find the data regarding complaints reports, and leaders to monitor the incoming complaints reports.

References


Adam, R. P., Abdillah, T., & Pakaya, N. (2019). Sistem informasi bantuan bahan pustaka. Jambura Journal of Informatics. 1(2), 81-88. https://doi.org/10.37905/jji.v1i2.2729

Association of Certified Fraud Examiners. (2017). Survai Fraud Indonesia. ACFE Indonesia Chapter. Diakses dari: https://doi.org/10.1201/9781315178141-3

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. A. (2009). Determining what individual SUS scores mean: Adding an adjective rating scale. Journal of Usability Studies, 4, 114–123.

Firmansyah, Y., Maulana, R., & Fatin, N. (2020). Sistem informasi pengaduan warga berbasis web Jurnal Cendikia, 19(1), 397-404.

Hamidah, M. Farell, G. (2019). Perancangan sistem pelayanan restoran berbasis web mobile menggunakan framework YII2. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1), 100-105. https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.190

Herliana, A. & Rasyid, P. M. (2016). Sistem informasi monitoring pengembangan software pada tahap development berbasis web. Jurnal Informatika. 3(1). 41-50.

Hidayat, A, T. (2019). Perancangan sistem informasi dinas pendapataan pengelolaan keuangan aset daerah Kabupaten Muratara berbasis web mobile. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 4(1), 28-38.

Naomi, M. & Noprisson, H. (2019). Analisa dan perancangan sistem pengaduan mahasiswa berbasis web. Studi kasus: Universitas Mercu Buana Kranggan. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 1(5), 185-193.

Nugroho, V. O. (2015). Pengaruh persepsi karyawan mengenai whistleblowing system terhadap pencegahan fraud dengan perilaku etis sebagai variabel intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktafiani, R. & Yunita, F. (2018). Sistem informasi pengaduan kekerasan anak dan perempuan berbasis web. Jurnal Sistemasi, 7(1), 1-14.

Pamungkas, I. D., Ghozali, I., & Achmad, T. (2017). The effects of the laporan pengaduan on financial statements fraud: Ethical behaviour as the mediators. International Journal of Civil Engineering and Technology, 8(10), 1592-1598.

Pena, W. A. P., Amali, L. N., Rohandi, M., & Setiawan, E. (2021). Pengembangan sistem informasi berbasis web untuk pendistribusian gas LPG. Jambura Journal of Informatics. 3(1), 20-28. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10380

Pressman, S. R. (2015). Rekayasa perangkat lunak. Yogyakarta: Andi.

Priyanti, D. & Iriani, S. (2013). Sistem informasi data penduduk pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. IJNS–Indones. J. Netw. Secur. 2(4), 55-61.

Pudjoatmodjo, B., & Wijaya, R. (2016). Tes kegunaan (usabilty testing) pada aplikasi kepegawaian dengan menggunakan system usabilty scale. Studi kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Bandung). Semnasteknomedia (pp. 2-9). Yogyakarta: STIMIK Amikom

Semendawai, A. H., Santoso, F., Wagiman, W., Omas, B. I., & Susilaningtias, S. M. W. (2011). Memahami whistleblower. Jakarta. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Solikin, I. (2018). Implementasi e-modul pada program studi manajemen informatika Universitas Bina Darma berbasis web mobile. Jurnal RESTI, 2(2), 492-497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393

Tuanakotta, T. M. (2010). Akuntansi forensik dan audit investigatif. Jakarta: Salemba Empat.

Wahyuni, E, S., & Nova, T. (2018). Analisis laporan pengaduan dan kompetensi aparatur terhadap pencegahan fraud. Jurnal Inovasi dan Bisnis, 6, 189-194.

Wardani, C. A. & Sulhani. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan whisteblowing system di Indonesia. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 9(1), 29-44.




DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i2.11791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JJI has been indexed by:
Sinta Crossref Scholar Garuda
Base Dimension ROAD SIS
ASCI







Editorial Office

Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia.Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id

 

Creative Commons Licence
Jambura Journal of Informatics (JJi), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.