Perancangan Sistem Aplikasi Layanan Kelurahan Berbasis Web
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat perlu di optimalkan penggunaannya untuk pelayanan publik yang salah satunya adalah pelayanan pengurusan administrasi masyarakat. Kelurahan Tanggikiki di Provinsi Gorontalo sebagai salah satu kelurahan pelaksana pelayanan publik, belum memanfaatkan teknologi secara optimal, terutama karena belum mempergunakan sistem informasi untuk pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem aplikasi untuk pelayanan masyarakat di kelurahan Tanggikiki. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Waterfall mulai dari tahapan analisis, kebutuhan sistem, perancangan, pembangunan, dan pengujian dapat menghasilkan rancangan sistem aplikasi yang dibutuhkan oleh pihak kelurahan untuk pelayanan pengaduan masyarakat di Kelurahan Tanggikiki, Provinsi Gorontalo.
The rapid development of technology needs to be optimized and used for public services one of which is public administration services. In its role as a public services instance, Kelurahan Tanggikiki, Gorontalo Province has not utilized technology optimally, because it has not used information systems in its public administration services. This research aims to design an application system for community service in Kelurahan Tanggikiki village. This study uses the Waterfall method. The result of this research is the application of the Waterfall method consists of requirement analysis, design, implementation, and testing. The resulting software is proven to have fulfilled the information specifications that are required for public complaint services in the Kelurahan Tanggikiki, Gorontalo Province.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fauzan, R., Siahaan, D., Rochimah, S., & Triandini, E. (2021). A different approach on automated use case diagram semantic assessment. International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 14(1), 496–505. DOI: https://doi.org/10.22266/IJIES2021.0228.46
Febiharsa, D., Sudana, I. M., & Hudallah, N. (2018). Uji fungsionalitas (blackbox testing) sistem informasi lembaga sertifikasi profesi (SILP) batik dengan appperfect web test dan uji pengguna. Joined Journal(Jurnal of Information Education, 1(2), 117–126.
Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang bangun sistem informasi permintaan ATK berbasis intranet. Studi kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(June), 126–138.
Jayanti, W. E., & Hendini, A. (2021). Pengembangan perangkat lunak pengujian kendaraan bermotor (Tanjidor) dengan model waterfall pada dinas perhubungan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IX(I), 59–67.
Mansur, M., & Kasmawi, K. (2017). Pengembangan sistem database terpadu berbasis web untuk penyediaan layanan informasi website desa. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 73–82. DOI: https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i1.2017.73-82
Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis dampak perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 pada perilaku masyarakat ekonomi (e-commerce). Jurnal Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), 55–60. DOI: https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39
Sekda. (2011). Peraturan Daerah Kota Gorontalo No 23 tahun 2011 tentang pembentukan kelurahan Tanggikiki kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo. Diakses dari: https://jdihn.go.id/files/923/Peraturan_Walikota_nomor_23_tahun_2011.pdf
Sihotan, H. T. (2019). Sistem informasi pengagendaan surat berbasis web pada pengadilan tinggi Medan. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 6–9. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/bhj5q
Snadhika Jaya, T. (2018). Pengujian aplikasi dengan metode blackbox testing boundary value analysis. Studi kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 03(02), 45–48.
Susilo, M., Kurniati, R., & Kasmawi. (2018). Rancang bangun website toko online menggunakan metode waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171
Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). Pemodelan diagram UML sistem pembayaran tunai pada transaksi e-commerce. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), 1–7.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. DOI: https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Umar, R., & Sudrajat, A. F. (2017). Penerapan cloud computing pada sistem reservasi homestay Dieng berbasis web. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 5341(October), 40–48.
Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Widagdo, P. P., Haviluddin, Setyadi, H. J., Taruk, M., & Pakpahan, H. S. (2018). Sistem informasi website Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI), 3(2), 5–9.
Wilianti, A. (2021). Perancangan perangkat lunak untuk menggambar diagram berbasis android. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 6–13.
Yayat, R. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65.
Zahro, F., Pradana, F., & Arwan, A. (2019). Kakas bantu untuk penentuan prioritas test scenario berdasarkan UML activity diagram. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(6), 5376–5382.
DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v4i1.13206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JJIhas been indexed by:
Editorial Office |
Engineering Faculty Building, 1st Floor Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id |
|
|