The Scientist Mila: Game Edukasi untuk Simulasi Sistem Pencernaan
Abstract
Dewasa ini, media pembelajaran semakin banyak dikembangkan dalam berbagai bentuk oleh berbagai pihak dengan tujuan sebagai alat bantu peningkat pemahaman belajar siswa. Salah satu media yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran adalah game. Penggunaan game dalam proses pembelajaran dinilai berpotensi dalam meningkatkan proses belajar anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dapat menyajikan visualisasi interaktif materi sistem pencernaan manusia di sekolah dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Alasan digunakannya model ini karena dalam penelitian ini akan dilaksanakan pengembangan game visual novel dimana setiap kali melakukan pengembangan atau penambahan fitur akan diadakan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa SD pada mata pelajaran sistem pencernaan manusia. Dimana persentase total nilai rata-rata yang diberikan ahli pelajaran sebesar 100%, ahli media sebesar 97,5%, dan ahli psikologi sebesar 87,5%. Jadi rata-rata skor keseluruhan adalah 95% dengan kategori Sangat Baik.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan game puzzle sebagai edugame berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa SD. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(1), 74–79. doi: 10.31764/jtam.v3i1.768
Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, A. (2020). The effective components of creativity in digital game-based learning among young children: A case study. Children and Youth Services Review, 116, 105227. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105227
Gunawan, D. (2020). Pengaruh media video interaktif terhadap hasil belajar kognitif kelas IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1). doi: 10.29100/eduproxima.v2i1.1489
Hartanto, N., & Hakim, F. N. (2020). Perancangan media pembelajaran organ pencernaan berbasis game role playing untuk kelas v sd. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 107–122. doi: 10.51903/pixel.v13i2.321
Isbister, K. (2022). Better game characters by design: A psychological approach. CRC Press.
Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2010). Multimedia projects in education: designing, producing, and assessing (4th ed.). Libraries Unlimited.
Javora, O., Hannemann, T., Stárková, T., Volná, K., & Brom, C. (2019). Children like it more but don’t learn more: Effects of esthetic visual design in educational games. British Journal of Educational Technology, 50(4), 1942–1960. doi: 10.1111/bjet.12701
Leacock, T. L., & Nesbit, J. C. (2007). A framework for evaluating the quality of multimedia learning resources. Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 44–59.
Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78–81.
Nikolova, A., & Georgiev, V. (2021). Using serious games in e-learning for kids. INTED2021 Proceedings. 15th International Technology, Education and Development Conference, 621–625. doi: 10.1007/978-3-030-77414-1
Øygardslia, K., Weitze, C. L., & Shin, J. (2020). The educational potential of visual novel games: Principles for Design. Replaying Japan, 2(2).
Sofyan, F. H. (2019). Game android edukasi biologi tentang sistem pencernaan pada manusia. Jurnal Simantec, 8(1), 28–32. doi: 10.21107/simantec.v8i1.8751
Suhandi, M., & Islam, J. P. A. (2022). Analisis instrumen tes multiple choice sebagai alat evaluasi mata pelajaran ski kelas ix di mts pringgabaya. Primary Educatoin Journal, 2(2).
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 1(1), 29–34.
Susilawati, F. (2017). Makanan sehat. Buku tematik terpadu kurikulum 2013 Tema 3: buku siswa SD/MI Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Vickro, A., H, N. S., Irsyad, M., & Pizaini, P. (2023). Perancangan storyboard pada game edukasi kerajaan Siak Sri Indrapura dengan genre RPG menggunakan metode balanced design. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia. doi: 10.52436/1.jpti.266
Wutun, M., Manu, G. A., & Fallo, D. Y. A. (2021). Pembuatan game edukasi untuk meninjau efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4(2), 72–79. doi: 10.37792/jukanti.v4i2.307
Yunanto, A. A., Herumurti, D., Kuswadayan, I., Hariadi, R. R., & Rochimah, S. (2019). Design and implementation of educational game to improve arithmetic abilities for children. 2019 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 27–31. doi: 10.1109/ICTS.2019.8850966
Yunanto, A. A., Herumurti, D., Rochimah, S., & Kuswardayan, I. (2019). English education game using non-player character based on natural language processing. Procedia Computer Science, 161, 502–508. doi: 10.1016/J.PROCS.2019.11.158
Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. B. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012019. DOI 10.1088/1742-6596/1318/1/012019
DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v5i1.17509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JJIhas been indexed by:
Editorial Office |
Engineering Faculty Building, 1st Floor Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id |
|
|