Implementasi Augmented Reality Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Dimensi Tiga
Abstract
Teknologi memiliki peranan penting dalam pendidikan, yaitu memfasilitasi interaksi guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar. Ini diwujudkan dengan menerapkan teknologi dalam media pembelajaran. Keterbatasan alat peraga bangun ruang dalam pembelajaran Matematika SMA topik Dimensi Tiga memerlukan inovasi guru untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan di setiap waktu. Penggunaan media interaktif berbasis Augmented Reality (AR) dengan teknik Marker-based Tracking dirancang untuk membantu siswa memvisualisasikan objek 3D dengan baik. Objek 3D dibuat dengan software 3Ds Max. Pembuatan marker menggunakan Vuforia SDK dan pada Unity dilakukan pengaturan antarmuka dari aplikasi untuk diterapkan pada Android. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi AR Jarak dalam Ruang yang berjalan pada Android. Penggunaan kamera AR digunakan untuk mendeteksi marker dan menampilkan objek kubus, limas, dan balok. Hasil pengujian Black-box menunjukkan bahwa aplikasi telah sesuai yang direncanakan dan dapat berjalan normal. Ini berarti aplikasi AR Jarak dalam Ruang terkategori Sangat Baik atau mendapat respon positif dari pengguna. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat memudahkan siswa dalam memahami topik Dimensi Tiga dan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Adrian, Q. J., Ambarwari, A., & Lubis, M. (2020). Perancangan buku elektronik pada pelajaran matematika bangun ruang sekolah dasar berbasis augmented reality. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(1), 171-176. doi: 10.24176/simet.v11i1.3842
Alfares, Y. J., & Murwonugroho, W. (2021). Penerapan teknologi augmented reality untuk media pembelajaran interaktif pada anak. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 6(2), 202-212. doi: 10.25105/pdk.v6i2.9526
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2). doi:10.21831/jitp.v8i2.43560
Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan modul berbasis multipel representasi dengan bantuan teknologi augmented reality untuk membantu siswa memahami konsep ikatan kimia. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(4), 305-330
Dutta, R., Mantri, A., & Singh, G. (2022). Evaluating system usability of mobile augmented reality application for teaching Karnaugh-Maps. Smart Learning Environments, 9(1), 1-27. doi: 10.1186/s40561-022-00189-8
https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia, diakses 19 Desember 2022.
Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715-2722. doi:10.47492/jip.v2i8.1151
Irmayanti, D., Muni, L. S. A., & Pratiwi, M. (2022). Rancang bangun aplikasi pembelajaran bangun ruang berbasis augmented reality. Nuansa Informatika, 16(2), 123-134. doi: 10.25134/nuansa.v16i2.6004
Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi literatur: digitalisasi dunia pendidikan dengan menggunakan teknologi augmented reality pada pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53-62. doi: 10.21009/jrpmj.v3i2.22267
Luther, A. C. (1994). Authoring interactive multimedia. Massachusettes: Academic Press, Inc.,
Köse, H., & Güner-Yildiz, N. (2021). Augmented reality (AR) as a learning material in special needs education. Education and Information Technologies, 26(2), 1921-1936. doi:10.1007/s10639-020-10326-w
Medina, J. B., & Ferrer, J. R. C. (2022). Integrating augmented reality in language learning: preservice teachers’ digital competence and attitudes through the TPACK framework. Education and Information Technologies, 27(5), 1–24. doi:10.1007/s10639-022-11123-3
Ma'rufah, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam digitalisasi pendidikan. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 17-29.
Rozi, F., Kurniawan, R. R., & Sukmana, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran pengenalan bangun ruang berbasis augmented reality pada mata pelajaran matematika. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 436-447. doi: 10.29100/jipi.v6i2.2180
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112. doi: 10.31004/joe.v3i01.348
Saputri, S., & Sibarani, A. J. (2020). Implementasi augmented reality pada pembelajaran matematika mengenal bangun ruang dengan metode marked based tracking berbasis android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 15-24. doi: 10.34010/komputika.v9i1.2362
Syafril, S., Asril, Z., Engkizar, E., Zafirah, A., Agusti, F. A., & Sugiharta, I. (2021, February). Designing prototype model of virtual geometry in mathematics learning using augmented reality. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, p. 012035). IOP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1796/1/012035
Theodoropoulos, A., & Lepouras, G. (2021). Augmented reality and programming education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction, 30, 100335. doi: 10.1016/j.ijcci.2021.100335
Waliyansyah, R. R., Handayanto, A., & Setyawan, B. W. (2020). Aplikasi pembelajaran bangun ruang sisi datar (Barsida) menggunakan augmented reality (AR) berbasis android. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 1-12. doi: 10.20895/inista.v3i1.131
Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan media pembelajaran matematika menggunakan teknologi augmented reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122-136, doi: 10.31571/edukasi.v20i1.3830
Yanuarto, W. N., & Iqbal, A. M. (2022). The augmented reality learning media to improve mathematical spatial ability in geometry concept. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 30-40. doi: 10.22437/edumatica.v12i01.17615
DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v5i1.19361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JJIhas been indexed by:
Editorial Office |
Engineering Faculty Building, 1st Floor Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id |
|
|