Pengembangan Media Animasi Kartun berbasis Model 4D untuk Meningkatkan Pemahaman Algoritma Pengurutan

Nur Savira Antula, Abd. Aziz Bouty, Sitti Suhada, Lanto Ningrayati Amali, Jemmy Pakaja, Rahmat Taufik R. L. Bau

Abstract


Students often face difficulties in understanding sorting algorithm material due to its abstract nature and the lack of engaging and interactive learning media. This study aims to develop cartoon animation-based learning media as an innovative solution to improve students' understanding of sorting algorithm material. The research method used was Research and Development (R&D) with the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The developed media was evaluated by subject matter experts, media experts, and students to assess its feasibility, practicality, and effectiveness. The results showed that the media is highly feasible, with a feasibility score of 99% from subject matter experts, 85% from media experts, and a practicality response of 96% from students. Additionally, the media effectively enhanced students' understanding, with an average learning outcome improvement of 75%. This cartoon animation-based media not only facilitates students in comprehending complex algorithm concepts but also provides a significant contribution to the development of technology-based learning.


Kesulitan siswa dalam memahami materi algoritma pengurutan sering kali disebabkan oleh sifatnya yang abstrak dan minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi kartun sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi algoritma pengurutan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Media yang dikembangkan dievaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa untuk menilai kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan 99% dari ahli materi, 85% dari ahli media, dan respons kepraktisan sebesar 96% dari siswa. Selain itu, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 75%. Media animasi kartun ini tidak hanya mempermudah siswa dalam memahami konsep algoritma yang kompleks, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi.

Keywords


Algoritma pengurutan; Media animasi kartun; Model 4D

Full Text:

PDF

References


Ariana, N. (2022). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya berpikir komputasional dalam pembelajaran. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246

IIrawan, A. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.293

Irnando, A., Wanda, R., Muhamad, A. E., & Prita, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3800. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-d dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi kartun di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 11. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585

Kusmadi, Badrudin, I., Putra, B. L. and Cuntaka, W. E. (2021). Informatika SMK Kelas X. 244. http://buku.kemdikbud.go.id

Lestari. (2020). Pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika untuk kelas ii sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 1(2), 41–44. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.81

Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3

Pebriani, S., & Mustika, D. (2023). Pengembangan media video animasi kartun pada tema 2 subtema 1 Kelas V sekolah dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 05(03), 1–77. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1704

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359–373. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5282

Putra, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan media komik untuk pembelajaran materi logika dan algoritma komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Sugiarto, M. D. (2019). Pengembangan modul interaktif menggunakan learning content development system (lcds) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMA dengan model 4D. Repository Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92990

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Wahab, G & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Indramayu: Adab




DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v6i2.26966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JJIhas been indexed by:
Sinta Crossref Scholar Garuda
Base Dimension ROAD SIS
ASCI







Editorial Office

Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id


Creative Commons Licence
Jambura Journal of Informatics (JJi), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.