Pengembangan Media Animasi Kartun berbasis Model 4D untuk Meningkatkan Pemahaman Algoritma Pengurutan
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami materi algoritma pengurutan sering kali disebabkan oleh sifatnya yang abstrak dan minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi kartun sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi algoritma pengurutan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Media yang dikembangkan dievaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa untuk menilai kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan 99% dari ahli materi, 85% dari ahli media, dan respons kepraktisan sebesar 96% dari siswa. Selain itu, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 75%. Media animasi kartun ini tidak hanya mempermudah siswa dalam memahami konsep algoritma yang kompleks, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariana, N. (2022). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya berpikir komputasional dalam pembelajaran. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246
IIrawan, A. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.293
Irnando, A., Wanda, R., Muhamad, A. E., & Prita, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3800. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-d dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi kartun di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 11. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585
Kusmadi, Badrudin, I., Putra, B. L. and Cuntaka, W. E. (2021). Informatika SMK Kelas X. 244. http://buku.kemdikbud.go.id
Lestari. (2020). Pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika untuk kelas ii sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 1(2), 41–44. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.81
Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3
Pebriani, S., & Mustika, D. (2023). Pengembangan media video animasi kartun pada tema 2 subtema 1 Kelas V sekolah dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 05(03), 1–77. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1704
Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359–373. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5282
Putra, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan media komik untuk pembelajaran materi logika dan algoritma komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367
Sugiarto, M. D. (2019). Pengembangan modul interaktif menggunakan learning content development system (lcds) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMA dengan model 4D. Repository Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92990
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Wahab, G & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Indramayu: Adab
DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v6i2.26966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JJIhas been indexed by:
Editorial Office |
Engineering Faculty Building, 1st Floor Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id |
|
|