Integrasi Model VAK dan Case Method untuk Meningkatkan Efektivitas Praktikum Jaringan Komputer
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alshammari, M. T., & Qtaish, A. (2019). Effective adaptive e-learning systems according to learning style and knowledge level. Journal of Information Technology Education: Research, 18, 529-547. doi: 10.28945/4459
Amin, M., Muslim, S., & Wirasti, M. K. (2020). Modul pembelajaran hypercontent pengenalan perangkat jaringan komputer untuk mahasiswa asal daerah 3T di STKIP surya. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2), 228-242. doi: 10.23887/janapati.v9i2.24142
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922. doi: 10.53625/jabdi.v1i8.946
Andayani, E. (2022). Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 52-60. doi: /10.21067/jppi.v16i1.6973
Anderson, I., Wahyuni, A., & Saputra, M. A. (2023). Case Method Learning Model with Cooperative Learning Approach to Improve Social Skills. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(1), 595-605. doi: 10.37680/scaffolding.v5i1.2251
Damayanti, E., Santosa, A.B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639-645. doi: 10.26740/jpte.v9n03
Dangkua, E. V., Muthia, M., Dwinanto, A., & Kurniawati, K. (2023). Penerapan cooperative learning pada multimedia pembelajaran interaktif materi sistem pencernaan manusia. Jambura Journal of Informatics, 5(1), 59-67. doi: 10.37905/jji.v5i1.16477
Dick, W. & Cary, L. (1990). The Systematic Design of Instruction, Third Edition, Harper Collins.
Ehlers, U.D., & Kellermann, S.A. (2019). Future skills: The future of learning and higher education. Karlsruhe.
Erfiati, E., & Lailatussaadah, L. (2022). The Roles of Educator in Disruptive Era. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52-64. doi: 10.22373/cj.v6i1.11202
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505
Hasan, S. H., Isnain, H., Larumbia, L., & Nasser, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran praktikum dasar jaringan komputer berbasis video tutorial. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 205-212. doi: 10.30738/jtvok.v10i2.13504
Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477-484. doi: 10.22437/jpe.v17i2.20895
Karim, S. A., Parenreng, J. M., & Hafizh, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer di Prodi PTIK UNM. Information Technology Education Journal, 1(1), 75-78.
Kusumawarti, E., Subiyantoro, S., & Rukhayah R. (2020). The Effectiveness of Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Model toward Writing Narrative: Linguistic Intelligence Perspective. International Journal of Instruction, 13(4), 677-694.
Kyandaru, M. H. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Auditori Terhadap Kinerja Praktikum. ADIBA: Journal of Education, 4(2), 242-247.
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 68-75. doi: 10.51878/learning.v3i1.2067
Mega, N. A., Nissa, H., & Nugraha, A. (2019). Memfasilitasi Pemelajar Modern dengan Video Pembelajaran yang Efektif dan Menarik. Jurnal Teknodik, 23(2), 137-148. doi: 10.32550/teknodik.v0i1.518
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. doi: 10.36312/e-saintika.v3i2.126
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nuryana, I., Thomas, P., Kardiyem, K., Suranto, S., & Disman, D. (2022). The Effectiveness of The Case Method Learning Model to Improve Critical Thinking Skill. InProceedings of the 4th International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2021, 27-28 July 2021, Semarang, Indonesia.
Organization for Economic Co-operation and Development. (2024). The OECD Learning Compass 2030.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 61-64. doi: 10.30872/semnasppg.v3.1705
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082
Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86.
Rosidin, U., Sesunan, F., & Fitria, D. (2022). Development of Assessment Instruments to Measure Collaboration and Responsibility Skills of Students in Physics Learning on Cased Method-Based. AMPLITUDO: Journal of Science and Technology Innovation, 1(2), 29-35. doi: 10.56566/amplitudo.v1i2.7
Salsabila, G., Septian, A., Inayah, S., Hanifah, N., & Komala, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. IME: Intellectual Mathematics Education, 1(1), 33-39. doi: 10.59108/ime.v1i1.16
Samalukang, I. P., Liando, O. E. S., & Paat, W. R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Jaringan Komputer di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 594-602.
Setiawan, A. S., & Alimah, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran visual auditory kinesthetic (VAK) terhadap keaktifan siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 81-90. doi: 10.23917/ppd.v1i1.7284
Siswati, B. H., & Suratno, S. (2023). The contribution of cognitive ability and critical thinking skills on the problem solving skills of biology education profession students using case method learning. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 419-426. doi: 10.21009/biosferjpb.34633
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest. Yogyakarta: Suryacahya.
Sundari, S., Suparman, S., Mas'ud, A., Hasan, S., Nurhasanah, N., Papuangan, N., Taher, D. M., & Yusuf, Y. (2023). Case method to increase student participation and problem-solving skills in biochemistry subject lesson study integrated at Khairun University. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 42-8. doi: 10.20527/bino.v5i1.14747
Suteja, B. R., Dkk. (2023). Case Method & Team Based Project. Bandung: Lembaga Pengembangan Kreativitas Akademik Universitas Kristen Maranatha.
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397-1401. doi: 10.58258/jime.v8i2.3127
World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020.
Wulandari, A., Wibowo, D. E., & Arifin, M. (2022). Pergeseran pembelajaran berbasis student centered learning. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 1-5. doi: 10.56721/pegas.v1i1.78
Yee, S. F. (2019). A Phenomenological Inquiry into Science Teachers' Case Method Learning, 4th ed., SpringerBriefs in Education.
Yuniastuti. Y., Miftakhuddin. M., & Khoirun, M. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v6i2.27580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JJIhas been indexed by:
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Editorial Office |
Engineering Faculty Building, 1st Floor Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia. Whatsapp: +6281314270499 Email: jji.ft@ung.ac.id |
![]() |
|