Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa

Sitti Suhada, Karim Bahu, Lanto Ningrayati Amali

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dapat dikarenakan adanya beberapa faktor seperti proses pembelajaran yang berlangsung serta pemilihan metode pembelajaran. Rendahnya tingkat prestasi hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh siswa yang merasa bosan dalam menerima materi dan tergolong pasif di kelas. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa ini dengan menerapkan metode pembelajaran mind map. Tujuannya adalah mengukur pengaruh metode pembelajaran mind map pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan Quasi Experimental. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0.05 dengan diperoleh Thitung 7.65 > Ttabel 1.672, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran mind map terhadap hasil belajar dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 76% sedangkan pada kelas kontrol 69.17.


Low learning outcomes can be caused by several factors, such as learning processes and learning methods. Another contributing factor worth considering is the student boredom and passiveness in the class. On that ground, the present study was aimed at applying a learning method called mind map method in the subject of computer and basic network; it focused on examining the extent to which the learning method contributed to the student learning outcomes. This quantitative research relied on a quasi-experimental approach. The hypothesis was examined using a t-test with separated variants. According to the result of the test, t-count (7.65) was greater than t-table (1.672), with a significance level of 0.05. In other words, H0 was refuted and H1 was accepted. This result further indicated the significance of the mind map method to the learning outcomes. It was shown that the affective aspect of the learning outcomes of both the experimental group and control group fell under a good category, with a percentage of 76% and 69.17%, respectively.

Keywords


hasil belajar; metode pembelajaran; mind map

References


Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion graphic animation video as alternative learning media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23-30.

Azis, Abdul. (2010). Pengaruh metode pembelajaran dan tipe kepribadian pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih. Tesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo.

Buzan, Tony. 2012. Buku pintar mind map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darusman, Rijal. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 3(2), 164- 173.

Fitriana. (2012). Penerapan model kooperatif dengan Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa SMA: Studi eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandung. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Hansbøl M, Qvortrup A, Wiberg M, & Christensen G. (2016). On the definition of learning computer science.

Hintzman. D. L. (1978). The psychology of learning and memory (a series of books in psychology). First Edition. W. H Freeman & Co.

Jensen, Eric & Karen, Makowitz. (2002). Otak sejuta gygabite: buku pintar membangun ingatan super. Kaifa: Bandung.

Jones, B.D., Ruf, C., Dee Snyder, J., Petrich, B., & Koonce, C. (2016). The effects of mind mapping activities on students' motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 6(1), 1-21.

Kuraesin. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan pembelajaran dengan metode improve. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Marfu’ah, D., Indriayu, M., & Ariyanto J. N. (2015). Perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan mind mapping pada mata pelajaran Ekonomi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis.1-10.

Maisaroh & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quiz team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di SMK Negeri 1. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(2), 157-172.

Mehakati, F.U. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan (mind mapping) pada mata pelajaran IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(6), 678-684.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11(1), 9-16.

Ravindranath1, S., Kusum de Abrew. W., & Nadarajah, V. D. (2016). Student’s perception of mind mapping in problem-based learning. Journal of Contemporary Medical Education. 4(2), 60-66.

Roestiyah. (1989). Didaktik metodik. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Roestiyah NK. (2001). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 30-44.

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasiexperimental designs for generalized causal inference. Boston: Houghton Mifflin Co.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Sri. (2016). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. I(I), 25-37.

Surayya, E. (2012). Pengaruh media dalam proses pembelajaran. AT-TA’LIM. 3, 65–72.

Syam, N., & Ramlah. (2015). Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. 5(3), 184-197

Säljö, R. (1979). Educational experience and learning performance: some observations. Paper Presented at the Third EARDHE Congress, University of Klagenfurt.

Silberman, M. L. (2013). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Zampetakis, L.A., & Tsironis, L. (2007). Creativity development in engineering education: the case of mind mapping. Journal of Management Development. 26(4), 370-380.

Zaini, Hisyam. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan model pembelajaran mind mapping dengan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proceeding Biology Education Conference. 14(1), 604-610.




DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JJI has been indexed by:
Sinta Crossref Scholar Garuda
Base Dimension ROAD SIS
ASCI







Editorial Office

Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia.Whatsapp: +6281314270499Email: jji.ft@ung.ac.id

 

Creative Commons Licence
Jambura Journal of Informatics (JJi), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.