Pelaksanaan Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo

Sutriyanti Yusuf, Sayama Malabar, Asna Ntelu

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi, faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi, serta upaya menngatasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajarran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo, berdasarkan hasil pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru pada saat kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang dilakukan guru tidak mencapai tujuan pembelajaran, pada proses pembelajaran berlangsung tidak ada umpan balik dari siswa saat guru menjelaskan terkait apa yang akan menjadi tugas siswa. Pada saat pemberian tugas dari guru siswa tidak mampu mengerjakan tugas memproduksi teks eksplanasi sesuai struktur dan kaidah kebahasaan pada teks eksplanasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajarn memproduksi teks eksplanasi paada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo belum maksimal.

Kata kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v3i2.18141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/