KESANTUNAN BERBAHASA PADA TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SUWAWA

Rabina Tane, Asna Ntelu, Munkizul Umam Kau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada teks ceramah siswa kelas XI Tata Busana dan TKJ, dan faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan teori Kesantunan Berbahasa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata yang mengandung kesantunan berbahasa yang terdapat pada karya siswa yaitu teks ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik baca, catat, dan dokumtasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan cara mengklasifikasi data sesuai dengan substansi masalah, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan hasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) kesantunan berbahasa pada teks ceramah siswa kelas XI Tata Busana dan TKJ di SMK Negeri 1 Suwawa memiliki lima maksim, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim pujian, maksim simpati, maksim kerendahan hati, dan maksim kedermawanan. (2) faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa terbagi dalam 5 faktor, yaitu faktor kebiasaan penutur menggunakan kata/frasa kasar, faktor emosi, faktor sifat penutur yang protektif, faktor penutur yang sengaja memojokkan mitra tutur dalam bertutur, faktor kecurigaan penutur tehadap mitra tutur.

Kata-kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Teks Ceramah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v4i1.20641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/