IMPLEMENTASI MODEL SUGESTOPEDIA DALAM MENULIS CERPEN DI KELAS VIII SMP N 3 KOTA GORONTALO

Riska Mangge, Sitti Rachmi Masie, Eka Sartika

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif jenis kualitatif. Metode suggestopedia dapat memberi jalan agar peserta didik menemukan kreatifitasnya untuk menulis cerpen. Data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan cerpen peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian bersumber dari 22 orang peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Kota Gorontalo, dan juga dari pihak sekolah, guru melalui wawancara. Teknik pengumpulan data Pengamatan/Observasi, Wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, model data/penyajian data, penarikan kesimpulan. Data instrument penilaian alat yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkandata agar memudahkan peneliti dalam mengolah data. Pedoman penilaian keterampilan pembelajaran menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dilihat bahwa beberapa siswa sudah mampu tersugesti dengan menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan berupa teks cerpen. Sedangkan beberapa siswa terlihat masih kurang mampu menuangkan ide dan gagasannya lewat metode suggestopedia. Hal ini bisa dipengaruhi oleh rendahnya tingkat konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Kata-kata Kunci: Cerpen. Menulis. Metode suggestopedia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v4i1.20679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/