Kesalahan Ejaan dalam teks berita Surat Kabar Harian Gorontalo Post

Hidayati Anindya Tolohula, Dakia N. Djou, Jafar Lantowa

Abstract


Pada dasarnya ejaan merupakan kaidah yang diterapkan dalam berbahasa secara tertulis sehingga dengan menerapkan kaidah ejaan yang baik dan benar, dapat diperoleh tulisan yang baik dan benar. Demikian halnya dalam penulisan berita yang terdapat pada surat kabar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada berita surat kabar harian Gorontalo Post edisi tahun 2023. Fokus penelitian ini yaitu jenis kesalahan ejaan yang terdapat pada berita surat kabar harian Gorontalo Post
Penelitian ini menggunakan teori Ejaan Berbahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi ke V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa kolom berita yang terdapat pada surat kabar harian Gorontalo Post edisi tahun 2023. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode reduksi data, setelah itu dilakukan penyajian data dan langkah terakhir yakni penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Indonesia dalam tataran ejaan pada kolom berita surat kabar harian Gorontalo terdiri atas kesalahan penulisan huruf dan penggunaan tanda baca. Kesalahan yang paling banyak ditemukan yaitu kesalahan penulisan huruf yaitu penulisan huruf miring sebanyak 3 kesalahan dan kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 93 kesalahan. Selain itu juga terdapat kesalahan penggunaan tanda baca yakni penggunaan tanda baca titik (.) sebanyak 3 kesalahan, penggunaan tanda baca koma (,) sebanyak 3 kesalahan serta kesalahan penggunaan tanda garis miring (/) sebanyak 5 kesalahan.

Kata-kata kunci: Kesalahan ejaan, teks berita, surat kabar, Gorontalo Post

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v4i1.20686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/