Nilai Edukatif dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia

Oktaviani Iko, Fatmah AR. Umar, Sitti Rachmi Masie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia ditinjau dari aspek karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian adalah kata atau penggalan kalimat yang mengandung nilai edukatif dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Data-data dalam novel tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik baca, teknik kode, teknik catat. Data yang terkumpul diidentifikasi, dianalisis, dideskripsikan, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima puluh delapan jenis nilai edukatif. Kelima puluh delapan nilai tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam sembilan kelompok nilai yakni (1) nilai cinta tuhan dan segala ciptaannya, meliputi konsep bersyukur dan kasih sayang, (2) nilai kemandirian dan tanggung jawab, meliputi konsep mandiri dan tanggung jawab,
(3) nilai kejujuran dan berkata bijak meliputi konsep kejujuran dan berkata bijak,
(4) nilai hormat dan santun meliputi konsep hormat dan santun, (5) nilai dermawan, suka tolong-menolong dan kerja sama yang meliputi konsep dermawan, suka tolong menolong dan kerjasama, (6) nilai percaya diri dan pekerja keras meliputi konsep percaya diri dan pekerja keras, (7) nilai baik dan rendah hati meliputi konsep baik hati dan rendah hati, (8) nilai kepemimpinan dan keadilan meliputi konsep keadilan, (9) nilai toleransi, kedamaian dan kesatuan meliputi konsep toleransi dan kedamaian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v4i2.22547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/