Variasi Bahasa Ragam Usaha Iklan Pendidikan pada Unggahan Twitter dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP

Restin Trisna Utami, Markhamah Markhamah

Abstract


Penelitian ini membahas hubungan antara variasi bahasa dalam iklan pendidikan di Twitter dan dampaknya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Masalah penelitian ini adalah perlunya memahami bagaimana variasi bahasa dalam iklan dapat mempengaruhi pembelajaran bahasa siswa. Tujuannya adalah untuk menganalisis variasi bahasa dalam iklan pendidikan dan potensi dampaknya terhadap pembelajaran bahasa siswa SMP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif melalui teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan pendidikan di Twitter menggunakan berbagai jenis bahasa bisnis untuk memotivasi dan meyakinkan pembaca untuk melakukan tindakan tertentu. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa memahami variasi bahasa dalam iklan edukasi dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya memasukkan variasi bahasa dalam materi pembelajaran bahasa untuk memotivasi siswa dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Keywords


variasi bahasa, iklan pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v4i2.24101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll/