PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ESAI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 6 SMA NEGERI 1 PONTIANAK
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pontianak pada semester genap Tahun Pelajaran 2018-2019, tepatnya dilaksanakan pada Januari hingga Maret 2019. Subjek penelitian adalah kelas XII MIPA 6 yang berjumlah 35 Orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, namun sebelum melaksanakan siklus I dan II, terlebih dahulu dilakukan prasiklus. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan Pembelajaran media film pendek, (3) Evaluasi hasil belajar, dengan kriteria penilaian klasikal yamg telah ditentukan pada siklus I sekurang-kurangnya 80% nilai siswa minimal 75 dan siklus II sekurang-kurangnya 90% nilai siswa minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru mengalami peningkatan dari silkus I 98% menjadi 100% pada siklus II, (2) Penerapan media film pendek, peningkatannya dari 81% menjadi 100%, (3) Evaluasi hasil belajar mengalami peningkatan siklus I 72% menjadi 100% pada siklus II.
Keywords
media, film pendek, teks esai
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37905/jjll.v1i1.6917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh: