LITERASI KEBUGARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana literasi kebugaran guru Pendidikan Jasmani yang berada di Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani se-Kecematan Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 11 perempuan. Lokasi penelitian Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan metode penelitian evaluatif. Instrumen penelitian yaitu; bleep test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi kebugaran guru-guru pendidikan jasmani se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo terbagi 2 kategori yaitu kurang sekali dan kurang. Laki-laki dengan kategori Kurang Sekali sebanyak 17 orang atau 77%, dan kategori kurang sebanyak 5 orang atau 23%. Sedangkan perempuan dengan kategori kurang sekali sebanyak 10 orang atau 90% dan kategori kurang sebanyak 1 orang atau 10%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Budayati, E. S. (2015). Pentingnya Kebugaran Jasmani bagi Guru Profesional. MEDIKORA, 2. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4679
Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Dila, A. N. (2018). Kurikulum pendidikan kesehatan di sekolah sebagai upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat sejak dini. Berita Kedokteran Masyarakat. https://doi.org/10.22146/bkm.37658
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
M. Arifin, R. R. (2016). Pengembangan (Guru Pendidikan Jasmani) Sebagai Suatu Profesi Keolahragaan Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2735
Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Pandaleke, T. (2019). IBM Usaha Pemberdayaan Guru - Guru Secara Fisik Melalui Program Pelatihan Senam Bugar di SMK Negeri 1 Ratahan. Abdimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2). https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.883
Ramadhan, M. G., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2020). Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.23824
Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. JPOE, 2(1). https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31
Sudirjo, E., Susilawati, D., Setia Lengkana, A., & Nur Alif, M. (2019). Pendampingan dan Pelatihan Keseimbangan Tubuh pada Guru PJOK Sekolah Dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7619
Sumaryoto, & Soni, N. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kurikulum 2013 untuk Kelas 11. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syed, K. S. A., Mohd Faithal, H. H., & Habib, M. S. (2017). Tekanan Dan Kepuasan Kerja Dalam Kalangan Guru Pendidikan Jasmani. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship.
Zapata-Lamana, R., Monsalves-Alvarez, M., Cigarroa Cuevas, I., Castro-Sepúlveda, M., Salazar Rodríguez, G., & Abad-Colil, F. (2016). Diferencias de composición corporal y condición fisica en educadoras de párvulo con normopeso, sobrepeso y obesidad: Estudio transversal. Revista Chilena de Nutricion, 43(4). https://doi.org/10.4067/S0717-75182016000400005
DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v4i1.13420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura Journal of Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
BERKOLABORASI DENGAN