KONTRIBUSI POWER OTOT TUNGKAI DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP SPRINT

M Fransazeli Makorohim, Alficandra Alficandra, Ahmad Yani, Edy Friandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi power otot tungkai dan panjang tungkai terhadap kemampuan sprint 50 meter siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru. Adapun jenis dalam penelitian ini adalah korelasional dengan teknik pengukuran menggunakan analisa korelasi atau hubungan. Sampel dalam penelitian ini  adalah keseluruhan siswa laki – laki kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pekanbaru dengan jumlah populasi 18 orang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  uji korelasi ganda (. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai . Nilai  tersebut kemudian dibandingkan dengan  pada  sebesar 18 adalah . Nilai  dan  diperoleh bahwa  atau , dengan  maka, terdapat hubungan secara statistik power otot tungkai dan panjang tungkai terhadap lari jarak pendek 50 meter pada siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sedangkan untuk koefisien determinasinya diperoleh sebesar .


Keywords


power otot tungkai; panjang tungkai; sprint

Full Text:

PDF

References


Aerenhouts, D., Delecluse, C., Hagman, F., Taeymans, J., Debaere, S., van Gheluwe, B., & Clarys, P. (2012). Comparison of anthropometric characteristics and sprint start performance between elite adolescent and adult sprint athletes. European Journal of Sport Science, 12(1), 9–15. https://doi.org/10.1080/17461391.2010.536580

Agung, T., Putra, H., Makorohim, M. F., & Gazali, N. (2019). Upaya peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode bagian pada siswa sekolah menengah atas Efforts to improve 100-meter sprint learning using the section method in high school students. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(2), 62–69.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Asdi Mahasatya.

Camalis, R. I., & Marisa, D. (2021). Literature Review : Perbedaan Waktu Reaksi Antara Pemain Voli Dan Pemain Basket. Homeostasis, 4(3), 753–758.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia.

Dawes, J., & Roozen, M. (2012). Developing Agility and Quickness (NSCA Sport Performance), 2nd Edition. Human Kinetics.

Husdarta, H. J. . (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (kuantitatif dan kualitatif). Gaung Persada Press.

Makorohim, M. F., & Apriani, L. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Penghuni Lapas Anak Kota Pekanbaru. JOURNAL SPORT AREA. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).785

Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama Dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463

Santoso, Y. S., & Kristianto, H. (2020). Resistance Band Exercise Dalam Meningkatkan Kesehatan Lansia A Systematical Review. NersMid Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 2(32), 23–31.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, R., Sidik, D. Z., Hendrayana, Y., Wibowo, R., & Indonesia, U. P. (2021). Latihan Pliometrik dalam Meningkatkan Komponen Fisik : A Systematic Review. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(2), 156–171.

Widiyanto. (2005). Metode Pengaturan Berat Badan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v4i2.13800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN