PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SISWA TUNARUNGU

Syafrial Syafrial, Yahya Eko Nopiyanto

Abstract


Artikel ini mengungkapkan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran penjas adaptif bagi anak tunarungu di sekolah luar biasa di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek yang dilibat sebanyak 3 guru dari 3 sekolah yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengungkapkan informasi adalah observasi dan wawancara. Data penelitian diolah secara deskriptif kualitatif dengan menyajikannya ke dalam kalimat-kalimat yang bermakna. Hasil penelitian menemukan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru adalah membuat kelompok kecil, melakukan demonstrasi, dan menggunakan alat peraga. Untuk membantu dalam mensukseskan proses pembelajaran maka guru menggunakan media pembelajaran berupa video, sehingga memudahkan dalam menyampaikan materi pembelajaran penjas adaptif.


Keywords


pembelajaran; pendidikan jasmani; adaptif; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Physical Education Learning Motivation Survey for Extraordinary School Students All Karawang Regency. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.

Cahyono, G. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Visual Bagi Anak Tuna Rungu. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(1), 81–98. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.850

Hariyanni, N. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Tunarungu SMPLB Negeri dan Swasta Se-Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Haryani, M., Nurkhoiroh, N., Suardika, I. K., Haryanto, A. I., & Pulungan, K. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pjok Materi Pergaulan Sehat Menggunakan Metode Pembelajaran Pendekatan Saintifik. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 71-77. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.8798

Haryati, T. (2014). Manfaat Belajar Seni Tari pada Anak Tunarungu. Jurnal Assesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 13(1), 56–61.

Khoirudin, A. C., & T, A. R. S. (2015). Pengaruh media video terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa tunarungu (Studi pada Siswa Tunarungu di SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(02), 318–321.

Khotimah, K. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3).

Mujianto, G. E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Melalui Media Permainan Rainbow Flag Pada Siswa Tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 32-37.

Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.

Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2022). Proses Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu. Jurnal Education and Development, 10(2), 28–34.

Norahmasari, D. (2015). Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Yang Mengalami Tunarungu. Cognicia, 3(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/2143

Nugroho, D. A. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDLB-B SLB Negeri 6, 1–7. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/43210

Nuraeni, T., & Mardiah, L. N. (2020). Bagaimanakah Proses Belajar Anak Tunarungu dan Anak Autisme?: Studi Kasus Di Salah Satu Slb Di Indramayu. Gema Wiralodra, 11(1), 133–142. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.115

Setyawan, D. I., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2018). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2933–2943. http://j-ptiik.ub.ac.id

Solihin, A. O. (2016). Profil Tingkat Motivasi Siswa Tunarungu dalam Belajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Olahraga, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.37742/jo.v2i1.58

Sunardi, B. (2012). Hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496

Taufan, J., Fitri, R., & Rafmateti, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Siswa Tunarungu di SLB Negeri 2 Padang Melalui Penugasan Dosen di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 31. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.546

Tumaloto, E. H., & Adiko, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia dengan Penggunaan CCY ( Channel and Content Youtube. Jambura Journal of Sport Coaching, 2(2), 53–60.

Yudhianto, K. A., Rahmasari, I., Keperawatan, P. S., Kesehatan, I., Duta, U., Surakarta, B., & Abstrak, K. K. (2020). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Dukungan Sosial pada Siswa Tunarungu. PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 18(1).




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i1.17819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN