PERAN PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN KELUARGA YANG MENDUKUNG PRESTASI ANAK BERLATIH SEPAK BOLA

Agus Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perhatian orang tua dan lingkungan keluarga yang mendukung prestasi anak dalam berlatih Sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen yang berupa angket tertutup. Subjek dalam penelitian adalah orang tua atau wali atlet dari kelompok U11 dan U12 tahun di Akademi Asiop Apacinti Jakarta yang berjumlah 37 orang. Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui perhatian orang tua dalam mendukung prestasi anak dalam berlatih Sepak bola di Akademi Asiop Apacinti Jakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 2,70%, “kurang” sebesar 32,43%, “cukup” sebesar 18,92%, “baik” sebesar 45,95%, dan “sangat baik” sebesar 0%. Sedangkan lingkungan keluarga berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 2,70%, “kurang” sebesar 35,13%, “cukup” sebesar 16,22%, “baik” sebesar 49,95%, dan “sangat baik” sebesar 0% Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peran perhatian orang tua dan lingkungan keluarga yang mendukung prestasi anak dalam berlatih Sepak bola di Akademi Asiop Apacinti Jakarta masuk dalam kategori cukup.

Keywords


perhatian orang tua; lingkungan keluarga; anak; Sepak bola

Full Text:

PDF

References


Bruno, L. (2017). Hubungan Dukungan Orang Tua Siswa dengan Motivasi Siswa dalam Mengikuti Sekolah Sepak Bola (SSB. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang

Falaahudin, A., & Sugiyanto, F. (2013). Evaluasi Program Pembinaan Renang di Klub Tirta Serayu, Tcs, Bumi Pala, Dezender, Spectrum di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Keolahragaan, 1(1). https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2342

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Journal Sport Area, 1(1). https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373

Luxbacher. (2001). Sepakbola. Jakarta: Gramedia

Nasiruddin, N. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Puspitasari, N. (2019). Faktor Kondisi Fisik Terhadap Resiko Cedera Olahraga pada Permainan Sepak Bola. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34

Rahmawati, S., Budiyati, B., & Indriyawati, N. (2017). Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Peningkatan Cardiovascular Endurance pada Anak Usia Sekolah 10-12 Tahun di SDN Plumbon 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Jurnal Riset Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.31983/jrk.v5i2.2730

Rohman, U. (2017). Evaluasi Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini di Sekolah Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8186

Ruslan, R., & Sangadji, F. (2021). Zig-Zag Running Exercises for Ball Drill Skills. Jambura Journal of Sports Coaching, 3(1)

Sari, P. S. (2020). Motivasi Berlatih Atlet Karate Selama Pandemi Covid-19. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12379

Sembiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan Kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain sepakbola siswa tunarungu. Edu Sportivo, 1(2), 128–140. https://doi.org/10.25299/es:ijope.5652

Shaffer, David R. 2005. Social and personality development. United States of America: Thomson Wadsworth

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Soeryabrata S. (1997). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UGM Press

Wardiyanto, Y. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Gerak Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 3(2). https://doi.org/10.24114/so.v3i2.15198

Wildani, L., & Gazali, N. (2020). Model Kooperatif Teams Game Tournaments: Apakah dapat Meningkatkan Keterampilan Belajar Dribbling Sepakbola. Edu Sportivo, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.25299/es:ijope. 5637

Yusuf, L.N. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i1.18153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN