PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI OLAHRAGA

Ari Sutisyana, Yahya Eko Nopiyanto, Arwin Arwin

Abstract


Flipped Classroom adalah salah satu model pembelajaran berbasis teknologi dan berpusat pada mahasiswa yang menuntun mahasiswa secara aktif untuk mempersiapkan materi pembelajaran sebelum kelas tatap muka dimulai. Sosiologi olahraga adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek fenomena sosial yang berhubungan dengan aktivitas olahraga dan dampaknya bagi manusia.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa penjas pada perkuliahan sosiologi olahraga. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) pada siklus 1 terdapat nilai rerata hasil belajar mahasiswa sebesar 75, dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%, 2) pada siklus 2 terdapat nilai rerata sebesar 82, dengan ketuntasan klasikal sebesar 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Melalui hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif rujukan bagi dosen penjas untuk menjadikan model pembelajaran flipped classroom sebagai salah satu model pembelajaran pada mata kuliah lain yang sejenis.

Keywords


flipped classroom; hasil belajar; sosiologi olahraga

Full Text:

PDF

References


Aprianto, E., & Purwati, O. (2020). Multimedia-assisted learning in a flipped classroom: a case study of autonomous learning on EFL university students. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 15(24), 114. DOI:10.3991/ijet.v15i24.14017

Cabi, E. (2018). International Review of Research in Open and Distributed Learning The Impact of the Flipped Classroom Model on Students ’ The Impact of the Flipped Classroom Model on Students ’ Academic Achievement. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 1–2. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i3.3482

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Keterampilan Belajar Matematika di SMK. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Foster, G., & Stagl, S. (2018). How effective is the Inverted Classroom Model ( ICM ), a teaching tool most SC. Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.02.177

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Salma, A. Z., Subarkah, C. Z., & Aisyah, R. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Koloid Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. Prosiding Snips 2016, 64–69.

Susanti, L., & Pitra, D. A. H. (2019). Flipped classroom sebagai strategi pembelajaran pada era digital. Health and Medical Journal, 1(2), 54-58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Syafrial, S., Nopiyanto, Y. E., & Arwin, A. (2022). Application of Flipped Classroom and Teams Games Tournament Learning to Increase Motivation and Adaptive Physical Education Learning Outcomes. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 41-50. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.19304

Tumaloto, E. H., & Adiko, F. (2020). Development of multimedia learning media using CCY (Channel and Youtube Content). Jambura Journal of Sports Coaching, 2(2), 53-60. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i2.7086

Nabilla, R. (2020). Whatsapp grup sebagai media komunikasi kuliah online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193-202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, N., & Ibrahim, I. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13575

Nuzuli, A. K., & Astria, K. K. (2021). Pembelajaran On Line Di Perguruan Tinggi: Analisis Hambatan Komunikasi. Bina'Al-Ummah, 16(1), 25-36. https://doi.org/10.24042/bu.v16i1.8885

Østerlie, O., Sargent, J., Killian, C., Garcia-Jaen, M., García-Martínez, S., & Ferriz-Valero, A. (2023). Flipped learning in physical education: A scoping review. European Physical Education Review, 29(1), 125-144. https://doi.org/10.1177/1356336X221120939

Pratama, R. A. (2019). Kuliah Melalui Whatsapp (Kulwapp). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17-27. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.32

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Edumatica (Jurnal Pendidikan Matematika), 10(2), 71–77. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10546




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN