ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BULU TANGKIS MADRASAH IBTIDAIYAH

Moch Rio Rusdiyanto, Nur Ahmad Arief

Abstract


Kebugaran jasmani merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang, tidak terkecuali siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. Metode penelitian mengunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi 64 peserta didik, sehingga menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan kriteria siswa yang aktif di ekstrakurikuler Bulu tangkis 28 orang siswa. Prosedur pengambilan data dilaksanakan dengan cara peneliti langsung dengan melakukan pengukuran dengan instrument PACER-test 20 m. Analisa data yang digunakan deskriptif dengan mean, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis 8 orang kategori cukup 29%, kategori rendah 13 orang 46%, kategori sangat rendah 7 orang 25%. Sehinga untuk nilai rata-rata laki-laki usia 10 dan 11 tahun berada dikategori rendah dengan mean (x̄ 27 lap dan x̄ 26 lap), berbeda pada usia 12 tahun dengan mengalami penurunan dikategori sangat rendah (x̄ 23 lap). Sedangkan pada jenis kelamin perempuan usia 10 tahun berada di kategori rendah (x̄ 17 lap). Sehingga persentase dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis MI Progresif Bumi Shalawat dominan pada kategori rendah.

Keywords


kebugaran jasmani; Bulu tangkis; Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ariston, Y., & Frahasini. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review and Research, 1(2), 86–91.

Dindi, S. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 273–282.

Dingley, E. (2021, June 17). 5 Components of Fitness. Sport Science Insider. https://sportscienceinsider.com/5-components-of-fitness/

Dwi Saputro, Y. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Putri Kelas VIII MTS Surya Buana Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol. 01 No.02, 92–101. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/JPJO

Hartanto, T., Gani, R. A., & Resita, C. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsak Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1890

Hinda Zhannisa, U., Fatkhu Royana, I., Kusuma Prastiwi, B., & Slamet Pratama, D. (2018). Analisis kondisi fisik tim Bulu tangkis Universitas PGRI Semarang. Journal Power Of Sports), 1(1), 30–41. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPOS

Jan, M., & Yaday, J. S. (2018). A Comparative Study on Effect of Selected Exercises on Flexibility and Co-Ordination of Badminton and Tennis Players. An International Peer-Reviewed Journal, 33, 2312–5179. www.iiste.org

Kadir, S. (2019). Korelasi Antara Konsumsi Rokok Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Atlet Bulu tangkis. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 73–78.

Laar, R., Zhang, J., Yu, T., Qi, H., & Ashraf, M. A. (2019). Constraints to women’s participation in sports: a study of participation of Pakistani female students in physical activities. International Journal of Sport Policy and Politics, 11(3), 385–397. https://doi.org/10.1080/19406940.2018.1481875

Mergaret, L., Arnaut, C., Vertommen, T., & Lang, M. (2016). Study On Gender-Based Violence In SporT. Publications Office of the European Union. https://doi.org/10.2766/501661

Murray, R., & Sabiston, C. (2022). Understanding Relationships Between Social Identity, Sport Enjoyment, and Dropout in Adolescent Girl Athletes. J Sport Exerc Psychol, 62–66. https://doi.org/10.1123

Nabi, T., Rafiq, N., & Qayoom, O. (2015). Assessment of cardiovascular fitness [VO2 max] among medical students by Queens College step test. International Journal of Biomedical and Advance Research, 6(05), 5. https://doi.org/10.7439/ijbar

Nafi’ah, Z. (2014). Hubungan Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler Akademik dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Vol 03. No 02, 799–813. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/30/article/view/9268/4026

NIH National Institute on Aging (NIA). (2021, January 29). Four Types of Exercise Can Improve Your Health and Physical Ability. https://www.nia.nih.gov/health/four-types-exercise-can-improve-your-health-and-physical-ability#:~:text=Endurance%20activities%2C%20often%20referred%20to,%2C%20lungs%2C%20and%20circulatory%20system.

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 151–168. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1260

Parengkuan, M., & Kadir, S. (2022). Tingkat Keterampilan Forehand Stroke Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja Sekolah Dasar. Jambura Journal of Sports Coaching, 4(2), 61–66.

Pate, R., Oria, M., & Pillsbury, L. (2012). Fitness Measures and Health Outcomes in Youth. The National Academies Press.

Pratama, R., Nuraeni, E., & Respati, R. (2021). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1037–1044. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Rusdiana, A., Wiriawan, O., Ronald, H., & Hadi. (2022). Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara.

Setyo Kriswanto, E., Meikahani, R., Prasetyawati Tri, I. P., & Suharjana, F. (2018). Smartphone: Social Attitude and Healthy Lifestyle. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 278, 21–25.

Sighamoney, R., Kad, R., & Yeole, U. L. (2018). Effect of Core Strengthening on Dynamic Balance and Agility in Badminton Players. 86 ~ International Journal of Physical Education, Sports and Health, 5(1). www.kheljournal.com

Sookhanaphibarn, T., & Choensawat, W. (2015). Standardized Test System of Health-related Physical Fitness for Thai College Students. Procedia Manufacturing, 3, 1527–1534. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2015.07.411

Suleiman, Y., Hanafi, Z., & Muhajir, T. (2019). Influence of Extracurricular Services on Students’ Academic Achievement in Secondary Schools in Kwara State: A Qualitative Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 1–19. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7766

Sunardi, J., & Kriswanto, E. S. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Negeri Yogyakarta saat pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 156–167.

Veliz, P., Snyder, M., & Sabo, D. (2019). The State Of High School Sports In America : An Evaluation of the Nation’s Most Popular Extracurricular Activity. Women’s Sports Foundation. www.WomensSportsFoundation.org•800.227.3988www.WomensSportsFoundation.org•800.227.3988

Xu, B. (2015). The Role of Physical Training in Badminton Teaching. International Conference on Civil, 285–287.

Yani, A., Subekti, R. G., & Suryadi, S. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric (Shooting) Terhadap Hasil Tinggi Loncatan Dalam Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 83. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1705

Zakiyah, Q. Y. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Madrasah. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1), 41–51. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN