GAME E-FOOTBALL SEBAGAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA

Umarudin Nini Said Berlin, Lukman A.R Laliyo, Muhammad Rifai Katili, Masri Kudrat Umar

Abstract


E-football merupakan salah satu game bergenre olahraga yang dipertandingkan dalam jenis olahraga elektronik atau e-sport, dalam ranah teknologi pendidikan terdapat salah satu domain yakni pemanfaatan. Penyajian visualisasi yang mendekati realistis game ini bisa dimanfaatkan dan dijadikan sebagai media sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual dan melihat tingkat pemahaman keterampilan teknik dasar Sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-experiment design: one group pre-test post-test. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sekolah menengah pertama negeri 1 limboto, Adapun sampel yang digunakan adalah non probality sampling dengan sampel sebanyak 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Dengan instrumen penelitian tes pemahaman dan tes pengukuran dalam pendidikan jasmani. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis rasch model dengan teknik Stacking dan Racking. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual terhadap hasil belajar keterampilan teknik dasar Sepak bola terdapat perubahan peningkatan pemahaman yang signifikan pada teknik dasar dribbling dengan selisih mean 3,71 dan perubahan signifikan pada teknik dasar shooting selisih mean 3,61. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual terhadap teknik dasar Sepak bola dan perubahan peningkatan pemahaman yang signifikan pada teknik dasar dribbling dan perubahan signifikan pada teknik dasar shooting.

Keywords


E-Football; audiovisual; Sepak bola

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharetha, A. Y. (2017). Analisi Pola Peningkatan Challenge pada Game Pro evolution soccer. Bandung: Universitas Pasundan Bandung. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/14977/

Bestari, A. G., & Ishartiwi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2), 121-137.

Bond, T., Yan, Z., & Heene, M. (2020). Applying the Rasch model: Fundamental Measurement in the Human Sciences. New York: Roudledge.

Demayanti, F., & Soenarto, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Bumbu dan Rempah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5 (1), 91-102.

Kurniawan, F. (2019). E-sport dalam Fenomena Olahraga Kekinian. JORPRES (Jurnal Olahrag Prestasi), 15 (2), 61-66.

Laliyo, L. A. (2021). Mendiagnosis Sifat Perubahan Konseptual Siswa: Penerapan Teknis Analisis Stacking dan Racking Rasch model. Yogyakarta: Deepublis.

Laliyo, L. A., Suminto, B., & Citra, P. (2022). Measuring changes in hydrolysis concept of students taught by inquiry model: Stacking and Racking analysis techniques in Rasch model. Heliyon, 8(3), e09126.

Marques, T. V. (2022). The Ten Most Similar Players: How to Use Statistics to Find the Best Soccer Players for Your Team. In O. O. Awe, K. Love, & E. A. Vance, Promoting Statistical Practice and Collaboration in Developing Countries (pp. 363-370). London: Chapman & Hall Book/CRC.

Nugraha, W. H. (2021). Minat Masyarakat Terhadap E-sports Sebagai Olahraga Prestasi di Jawa Timur. Jurnal Prestasi Olahraga, 4 (12), 44-52.

Persada, Y. B., & Baskora, R. A. (2020). Kajian Referensi E-sport dalam Ranah Olahraga (Tinjauan Mengenai Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Fisiologis, dan Filosofi Olahraga). INAPES (Indonesian Journal For Physical Education and Sport), 1 (2), 588-595.

Pratitasari, R. D., & Gafur, A. (2018). Pengembangan Video Digital Pengalengan Buah dan Sayur Untuk Mata Kuliah Teknologi Pengelolahan Hasil Pertanian. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidiakn, 5 (1), 48-60

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch: pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Supriyanto, A. (2023). Peran Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Keluarga Yang Mendukung Prestasi Anak Berlatih Sepak bola. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 80-89.

Syahputra, Y., Prayitno, P., Syahniar, S., & Hariyani, H. (2019). Rasch stacking analysis of student internet addiction based on gender. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 35-41.

Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing dalam Permainan Sepak bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 66-72.

Utama, F. H., Widodo, H. M., Handayani, H. Y., & Purwoto, S. P. (2022). Sosialisasi E-sport Anak Sekolah Dasar Kristen Maria Fatima Bangkalan Madura. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 738-744.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112.

Winarmo, M. E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Labolatorium Jurusan Ilmu Keolahragaa, FIP UM.

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD : Jurnal Pendidikan Dasar, 10 (1), 1-13.

Zhai, B., Li, D., Jia, J., Liu, Y., Sun, W., & Wang, Y. (2019). Peer Victimization and Problematic Internet Use in Adolescents: The Mediating Role of Deviant Peer Affiliation and The Moderating Role of Family Functioning. Addictive Behaviors, 96, 43-49.




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.21086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN