PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KELINCAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

M Fransazeli Makorohim, Ahmad Yani, Paisal Hamdani Malau, Afit Tri Priadi

Abstract


Permainan tradisional mampu meningkatkan kelincahan dikarenakan permaianan ini membutuhkan bergerak dan berlari yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh permainan tradisional untuk meningkatkan kelincahan bagi siswa kelat VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Dayun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain “one group pretest-posttest”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan berjumlah 13 siswa pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria umur, tinggi badan dan kelas. Teknik analisis data menggunakan T-tes. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh sebelum diberi latihan dan sesudah diberi latihan. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 4,24%. Kesimpulan berdasarkan analisis data bahwa latihan tradisional berpengaruh dan mampu meningkatkan kelincahan. Harapannya, dengan latihan tradisional ini siswa mampu belajar dalam meningkatkan kelincahannya sendiri dan bisa mngajak teman seusianya untuk bermain permainan tradisional ini.


Keywords


permainan tradisional; kelincahan; pembelajaran olahraga

Full Text:

PDF

References


Armen, M., & Rahmalia, A. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Rondes dan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V SD. UNES Journal of Education, 1(4), 323–330.

Fajar Anggoro Januarianto Anugrah Nur Warthadi. (2023). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 149–154. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20932

Gandasari, M. F. (2019). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Sepak Beleg Terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2(1), 21. https://doi.org/10.26418/jilo.v2i1.32628

Ginting, A. H. B., & Ichsan, I. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Cerdas dan Anak Gifted. El Midad, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2985

Hadjarati, H., Dai, A., & Haryanto, A. I. (2021). Permainan Tradisional Daerah Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1).

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Identifikasi Permainan dan Olahraga Tradisional Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3).

Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951

Hidayat, S., & Haryanto, A. I. (2021). Pengembangan Tes Kelincahan Tendangan Pencak Silat. Jambura Journal of Sports Coaching, 3(2). https://doi.org/10.37311/jjsc.v3i2.11338

Julianus, B., & Pramono, H. (2021). Indonesian Journal for Efektivitas Media Pembelajaran Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. Indonesian Journal for Phsycal Education and Sport, 2(2), 439–446.

Kadir, S. S., Haryanto, A. I., Ramadan, G., Fataha, I., Samin, G., & Gani, A. A. (2021). Peran Permainan Tradisional untuk Melestarikan Kearifan Lokal. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3). https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.11412

Khoirul Anwar Pulungan, Arief Ibnu Haryanto, Meri Haryani, I Kadek Suardika, & Nurkhoiroh. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3). https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.238

Lamusu, A., Lamusu, Z., & Haryanto, A. I. (2023). Minat Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Pulubala terhadap Bela Diri Shorinji Kempo. Journal on Education, 6(1), 4599–4605. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3608

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463

Makorohim, M. F., Soegiyanto, T. H., & Rahayu, S. (2021). Pekanbaru Adolescents’ Perceptions Concerning the Existence of Traditional Sports in the Millennial Era. Journal of Hunan …, 48(6), 1–5.

Monika, I. P., & Furqon, M. T. (2018). Penerapan Metode Support Vector Machine (SVM) Pada Klasifikasi Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3165–3166.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941

Muhammad Arjun, Meirizal Usra, Sri Sumarni, Iyakrus, W. I. B. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 77–86.

Nurdiansyah, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Hadang Terhadap Agility. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.238

Nurkhoiroh, N., Haryani, M., Pulungan, K. A., Haryanto, A. I., & Suardika, I. K. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Penerapan Gaya Mengajar Periksa Diri (Self Check Style) Pada Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11226

Palar, J. E., Onibala, F., & Wenda Oroh. (2018). Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget. E-Journal Keperawatan, 6(2), 1–8.

Rahmadi Islam. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Nagrak. Jurnal Mutiara Pedagogik, 3(2), 1–13.

Sinaga, F. D. T., & Sudijandoko, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya Terhadap Permainan Tradisional Dalam Menjaga Warisan Bangsa. Jurnal Kesehatan Olahraga, 131–140.




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i1.22243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN