HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KETERAMPILAN MOTORIK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Farhan Rida Satriawan, Budiman Agung Pratama, Dhedhy Yuliawan, Wing Prasetya Kurniawan

Abstract


Aktivitas fisik secara teratur dianggap sebagai faktor penting dalam menjaga kesehatan manusia, terutama dalam perkembangan anak-anak yang dianggap sebagai pondasi bagi pertumbuhan yang sehat. Tingkat aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi keterampilan motorik pada anak-anak. Ketika anak mengalami kondisi fisik yang kurang baik, pertumbuhan dan pengembangan keterampilan motoriknya dapat terhambat; sebaliknya, anak yang memiliki keterampilan motorik yang baik cenderung mengalami pertumbuhan yang positif. Terdapat kebutuhan penting akan keseimbangan antara aktivitas fisik dan pengembangan keterampilan motorik pada anak sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara aktivitas fisik dan kebugaran jasmani serta keterampilan motorik pada peserta didik kelas 4 dan 5 dengan usia 10-11 tahun. Penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan 63 siswa sebagai populasi dan 33 siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen Physical Activity Quistionaire (PAQ-C), Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN), dan Tes Grooss Motor Development (TGMD 2). Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan dan signifikansi antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, keterampilan motorik, dan hubungan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani dan keterampilan motorik. Semakin tinggi tingkat aktivitas fisik maka semakin tinggi juga. Tingkat kebugaran jasmani dan keterampilan motorik. Hasil tersebut dapat memiliki dampak positif bagi siswa.


Keywords


aktivitas fisik; kebugaran jasmani; keteramplan motorik

Full Text:

PDF

References


Adhianto, K. G., & Arief, N. A. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 134–141. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20978

Alicia L.& Soyeon Ahn. (2011). The Effects of Physical Activity and Physical Fitness on Children’s Achievement and Cognitive Outcomes. Research Quarterly for Exercise and Sport, 82(3), 521–535.

Arif, W., Willy, H. (2020). Aktivitas fisik dan Kesehatan. In Aktivitas fisik dan Kesehatan. IAIN Pontianak Press.

Dai, A., Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2022). Survei Hasil Belajar PJOK Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Sumawa. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 22. https://doi.org/10.24036/JSOPJ.74

Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity And Motor Skills in Children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 54(June 2020), 101916. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916

Duhe, E. D. P., & Haryanto, A. I. (2021). Persepsi Kinestetik, Koordinasi Mata Tangan dan Motivasi terhadap Jump Smash. Sporta Saintika, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.24036/sporta.v6i1.156

Garber CE, et al. (2011). American College of Sports Medicine. American College of Sports Medicine position stand. Quantity and quality of exercise for developing and maintaining cardiorespiratory, musculoskeletal, and neuromotor fitness in apparently healthy adults: guidance for. Med Sci Sports Exerc, 43(7), 1334–1359.

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Haryani, M., Nurkhoiroh, N., Suardika, I. K., Haryanto, A. I., & Pulungan, K. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Pergaulan Sehat Menggunakan Metode Pembelajaran Pendekatan Saintifik. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2). https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.8798

Haryanto, A. D. (2021). Development of Learning Media for Volyballs Vocational Middle School Students. Jambura Journal of Sports Coaching, 3(1). https://doi.org/10.37311/jjsc.v3i1.9627

Haryanto, A. I., Kadir, S. S., Ramadan, G., Fataha, I., Samin, G., & Gani, A. A. (2021). Membangkitkan Semangat Berolahraga melalui Kegiatan Fun Run. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(2). https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i2.11356

Hidayat, S., & Haryanto, A. I. (2022). Kombinasi Latihan Fisik dan Teknik: Efek Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit dan Ketahanan Anaeorob. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(2), 156–168. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i2.13604

Kadir, S. S., Haryanto, A. I., Ramadan, G., Fataha, I., Samin, G., & Gani, A. A. (2021). Peran Permainan Tradisional untuk Melestarikan Kearifan Lokal. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3). https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.11412

Khoirul Anwar Pulungan, Arief Ibnu Haryanto, Meri Haryani, I Kadek Suardika, & Nurkhoiroh. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3). https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.238

Leonardo, A., & Komaini, A. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Keterampilan Motorik. Jurnal Stamina, 4(3), 135–144.

Manalu, Dwiyogo, & H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif latihan kekuatan pada matakuliah spesialis kondisi fisik dasar untuk mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga fakultas ilmu keolahragaan. Sport Scince and Health, 2(1), 49–57.

Nurkhoiroh, N., Haryani, M., Pulungan, K. A., Haryanto, A. I., & Suardika, I. K. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Penerapan Gaya Mengajar Periksa Diri (Self Check Style) Pada Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11226

Refiater, U. H., & Haryanto, A. I. (2023). Development of Low Impact Aerobic Gymnastics As An Effort to Prevent Rheumatic Diseases in Molotabu Village. International Journal of Health Science & Medical Research, 2(2), 125–136. https://doi.org/10.37905/ijhsmr.v2i2.20216

Weedon, B. D., Liu, F., Mahmoud, W., Burden, S. J., Whaymand, L., Esser, P., Collett, J., Izadi, H., Joshi, S., Meaney, A., Delextrat, A., Kemp, S., Jones, A., & Dawes, H. (2022). Declining fitness and physical education lessons in UK adolescents. BMJ Open Sport and Exercise Medicine, 8(1). https://doi.org/10.1136/bmjsem-2021-001165

Welis, W. & S. (2013). Gizi untuk Aktifitas Fisik dan Kebugaran.




DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i1.23745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

 

Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

       

-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------

BERKOLABORASI DENGAN

  

slot online slot gacor slot