STRATEGI MARKETING SPORT MASSAGE UNDIKMA DALAM MENINGKATKAN MINAT PASIEN
Abstract
Strategi marketing penting dalam meningkatkan minat melakukan sport massage karena dapat memperkenalkan manfaat layanan tersebut, menarik perhatian calon pasien, dan membangun kepercayaan serta kesadaran merek yang pada akhirnya mendorong keputusan mereka untuk mencoba sport massage. Artikel ini menganalisis bagaimana strategi marketing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sport massage Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) untuk meningkatkan minat pasien dalam melakukan sport massage, dalam hal ini adalah masyarakat keolahragaan dan masyarakat umum yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuan yang akan dicapai adalah bagaimana strategi marketing yang dilakukan UKM sport massage, bagaimana minat masyarakat di NTB terkait dengan sport massage dan bagaimana perkembangan keberadaan UKM sport massage UNDIKMA kedepannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan subyek penelitian UKM sport massage UNDIKMA. Teknik pengumpuan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan teknik purposive. Analisis data dengan metode deskriptif dan analisis statistik denagn mencari persentase. Hasil penelitian Strategi marketing mix yang dilakukan yang lebih ditekankan adalah strategi price & layanan. Peningkatan jumlah pasien dari tahun 2022 ke 2023 sebesar 30,87 %. Tantangan persaingan dan perkembangan ke depan UKM sport massage UNDIKMA kedepan adalah menyediakan dan mencetak mahasiswa yang berminat di massage untuk benar-benar ahli dalam praktik sport massage.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiyoga, B., & Rahmiati, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41038
Adhianto, K. G., & Arief, N. A. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 134–141. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20978
Anastasia, M., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2). https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773
Babang, V. M. M. F. (2020). Identifikasi Perbedaan Manipulasi Massase Tradisional dengan Manipulasi Sport Massase. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 11(1). https://doi.org/10.33558/motion.v11i1.1983
Bigouette, J. P., Owen, E. C., Greenleaf, J., James, S. L., & Strasser, N. L. (2018). Injury Surveillance and Evaluation of Medical Services Utilized During the 2016 Track and Field Olympic Trials. Orthopaedic Journal of Sports Medicine, 6(12). https://doi.org/10.1177/2325967118816300
Groening, C., Sarkis, J., & Zhu, Q. (2018). Green marketing consumer-level theory review: A compendium of applied theories and further research directions. In Journal of Cleaner Production (Vol. 172). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.12.002
Halim, F., Zukhruf Kurniullah, A., Butarbutar Efendi, M., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Parulian Simarmata, H., Sisca, Adi Permadi, L., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. In Manajemen Pemasaran Jasa.
Haryanto, A. I., Suardika, I. K., Nurkhoiroh, Nani, A., & Eko, N. Y. (2024). Mengungkap Penerapan Fungsi Manajemen Olahraga Klub Taekwondo “The Kick Fighter.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 31–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37058/sport.v8i1.10034
Inoue, Y., Sato, M., & Filo, K. (2020). Transformative sport service research: Linking sport services with well-being. Journal of Sport Management, 34(4). https://doi.org/10.1123/JSM.2020-0102
Kotler, P., Keller, K. L., Molan, B., & Sarwiji, B. (2009). Manajemen Pemasaran (4th ed.). Perpustakaan Nasional.
Mihic, S., Radjenovic, D., & Supic, D. (2013). Consumer behaviour - building marketing strategy. Metalurgia International, 18(8).
Musrifin, A. Y., & Bausad, A. A. (2018). Metode Sport Masase Sebagai Pemulihanan Pasif dalam Peningkatan Kapasitas Daya Tahan Maksimal (VO2max) Atlet Futsal Ikip Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.504
Musrifin, A. Y., Bausad, A. A., & Akhmad, N. (2023). Metode Sport Masase dalam Penanganan Nyeri dan Kadar Asam Laktat Setelah Latihan Maksimal pada Atlet Futsal UNDIKMA. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4197
Nulufi, K., & Murwartiningsih. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2), 129–141. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7813
Özyilmaz, E., Şenel, Ö., Kiliç, R. T., Uysal, E., & İnce, A. Y. (2022). Sporcularda Kullanilan Manuel Terapi Tekniklerinin Performans Ve Toparlanma Üzerine Etkilerinin İncelenmesi: Sistematik Derleme. Kırıkkale Üniversitesi Tıp Fakültesi Dergisi, 24(1). https://doi.org/10.24938/kutfd.1010424
Refiater, U. H., & Haryanto, A. I. (2022). Pelatihan Sport Massage Berbasis Android untuk Mengatasi Delayed Onset Muscle Soreness. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 2(2). https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v2i2.24603
Trybulec, B., Macul, B., Kościńska, K., Nawrot-Porąbka, K., Barłowska, M., & Jagielski, P. (2023). The effect of deep tissue massage on respiratory parameters in healthy subjects—A non-randomised pilot study. Heliyon, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15242
DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i2.25013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura Journal of Sports Coaching (p-ISSN: 2654-3435 | e-ISSN: 2656-0437) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Journal of Sports Coaching has been indexed by:
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
-------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------- -----------------------------
BERKOLABORASI DENGAN