EKSPLORASI DESAIN MOTIF FLORA DENGAN TEKNIK LUKIS PADA LENAN RUMAH TANGGA

Popin Y Kadir, Hariana Hariana, Hasdiana Hasdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan ragam hias flora pada media tekstil menggunakan teknik lukis pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-1 jumlah 25 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut, yakni proses pelaksanaan pembuatan ragam hias flora pada media tekstil, yang berukuran Panjang 55 cm x Lebar 55 cm dalam bentuk taplak meja, dari 4 kategori penilaian tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat baik (0%), kategori baik diperoleh 12 siswa (48%), kategori cukup diperoleh 13 siswa (52%), dan tidak ada siswa yang memperoleh kategori kurang (0%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan alternatif media, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam berkarya, hal ini dapat dilihat dari seluruh hasil  karya siswa telah mencapai nilai KKM, dan juga hasil karya bisa dimanfaatkan sebagai contoh karya untuk siswa berikutnya, guna meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya ragam hias flora pada media tekstil, sehingga menghasilkan karya yang bernilai fungsional.

 

Kata kunci: Penerapan, Ragam Hias Flora, Tekstil, Lukis


Full Text:

PDF

References


Asmawati L. “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 2017, Vol. 11 (1), 145-164. http://doi.org/10.21009/JPUD.111.10.

Dewi. R. A. Sulam Motif Flora Dan Fauna Di Tinjau Dari Warna dan Komposisi. Jurnal Seni Rupa, 2020 Vol.9, (1), 187-192.

Margono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Muliawan U. J. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Gava Media

Nelson. N. 2016. Motivasi dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Lukis. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.1: 42-58.

Salim. 2012. Warna Sungingan Dan Komposisi Wayang Beber Pacitan. Canthinh Vol.1 (1): 1-60.

Santoso. E. M. 2018. Teknik Dasar Menggambar Bentuk– Cara Mudah Belajar Menggambar. Andi (Anggota Ikapi). Yogyakarta.

Sedarmayanti, Dkk. 2002. Metodologi Pendidikan. Mandar Maju. Bandung.

Sugiarto E, 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif SKRIPSI dan TESIS. Suka Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta Bandung.

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian

Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tamail. H. S. 2020. Penerapan Motif Karawo Kreatif Dengan Teknik Pointilis Pada Media Kaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Universitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License