Kreativitas Siswa Mengkombinasikan Teknik Cetak Saring Pada Jahit Perca Di Kelas XII Kria Tekstil SMK Negeri 4 Gorontalo

Mursidah Waty, Andriyanto Yahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas siswa dalam membuat karya dengan kombinasi teknik cetak saring pada jahit perca. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kria Tekstil SMK Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 23 orang dan obyek penelitian diambil dari hasil kreativitas siswa dalam mengkombinasikan teknik cetak saring pada teknik jahit perca. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, data-data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data yaitu menggunakan rumus persentasi yang dinilai yang dalam 4 kategori yang sudah ditentukan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu berkreativitas membuat suatu karya kombinasi teknik cetak saring pada jahit perca. Hasil keseluruhan aspek yang terdiri dari aspek kelancaran jumlah skor 73 dengan rata-rata 3,17 sebanyak 79% , aspek fleksibilitas jumlah skor 75 dengan rata-rata 3,26 sebanyak 81% , aspek orisinalitas jumlah skor 74 dengan rata-rata 3,21 sebanyak 80%. Maka jumlah persentase dari keseluruhan aspek yang terdiri dari aspek kelancaran, fleksibilitas, dan originalitas yaitu sebanyak 80%.

Kata kunci: Kata Kunci: Kreativitas, Cetak Saring, Jahit Perca


References


Astuty, Tri. 2015. Buku Pedoman Umum Pelajar SOSIOLOGI Rangkuman Inti Sari Sosiologi Lengkap. Jakarta; Vicosta Publishing.

Budi Susanto, Eko. 2015. Menjadi Seorang

Desainer Yang Mengerti Media CetakYogyakarta: ANDI.

Budiyono, 2008. Kriya Tekstil Untuk SMK Jilid 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Mangunhardjana. 1986. Mengembangkan

Kreativitas. Yogyakarta: Kanisisus.

Muharto, Ambarita Arisandi. 2016. Metode Penelitian Sistem Informasi Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta:Deepublish

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nusantara, Guntur. 2003. Cetak Sablon Untuk Pemula. Yogyakarta: Puspa Terampil.

Nusantara, Guntur. 2003. Panduan Praktis Cetak Sablon. Jakarta; Kawan Pustaka.

Noorhayati, Alief. 2014. Telaah Filsafat

Pendidikan. Yogyakarta; Deepublish.

Sulistyorini, Mg. 2006. Warna-warni kecerdasan anak dan pendampingnya. Jakarta; Kanisius.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta; EGC.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistwm pendidkan dan undang-undang republik Indonesia no 14tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta: Visimedia.

Wahyudin. 2007. A to Z Anak Kreativ. Jakarta; Gema Insani Press.

Yesi Fanaro, Ria. 2015. Eksplorasi dan Rosebud.Kriya Pustaka.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.Sumber Internet :

https://fitinline.com/article/read/5-cara-mengolahlimbah-perca-kain/ diakses 15 Januari 2018 Pukul 20:00

http://andrikaroy.blogspot.co.id/ diakses 15 Januari 2017 Pukul 20:00

Sumber Wawancara :

Ibu Apriyanti Adam Maret 2017 10:30

Sumber Wawancara :

Ibu Apriyanti Adam Maret 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License