EKSPLORASI ECOPRINT TEKNIK POUNDING PADA TEKSTIL KARAWO

Sumardi Makakeno, Ulin Naini

Abstract


SUMARDI H. MAKAKENO, 2022. Eksplorasi Ecoprint Teknik Pounding Pada Tekstil Karawo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ulin Naini, S.Pd., M.Sn. dan Pembimbing II Hasmah, S.Pd., M,Sn.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil eksplorasi ecoprint teknik pounding pada tekstil karawo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui, eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui, reduksi data, penyajian data serta pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, eksplorsasi ecoprint teknik pounding pada tekstil karawo melalui proses dengan menggunakan scouring TRO bubuk,yang dilakukan dengan cara menghasilkan kekuatan warna dan motif. Scouring TRO bubuk dengan fiksasi tawas dan garam menghasilkan warna motif muda yang tampak cerah pada kain tekstil karawo. Masing-masing warna motif yang dihasilkan memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan Scouring TRO bubuk dengan fiksasi tawas dan garam adalah motif daun tidak berubah, tetapi warna kain blanket dari ecoprint yang dihasilkan pudar. Disimpulkan bahwa penerapan teknik ecoprint pada tekstil karawo dapat dilakukan melalui teknik pounding dengan menggunakan scouring TRO bubuk..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License