Biografi Dan Karya-Karya Seniman Affandy Rais
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan Biografi Dan Karya-Karya Seniman Affandy Rais, lokasi penelitian di Jl. Sultan Botutihe, Desa Pauwo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Peneliti menggunakan metode sejarah dalam unit biografi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Biografi Affandy Rais dibagi atas periode kanak-kanak, periode usia sekolah, periode remaja, periode dewasa dan periode lansia. Pada periode kanak-kanak Affandy Rais suka mencoret-coret dan termasuk anak yang cukup aktif dalam menggambar dan mewarnai. Pada periode usia sekolah Affandy Rais kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran umum, kecuali pembelajaran yang berkaitan dengan kesenian. Pada periode remaja Affandy Rais pernah mengirimkan beberapa karya lukis dan sketsa pada majalah remaja redaksi Jakarta. Pada periode dewasa Affandy Rais mulai merintis karir di Gorontalo sebagai seorang seniman lukis. Pada periode lanjut usia Affandy Rais lebih banyak meghabiskan waktu dalam berkarya di dalam rumah. Periode-periode tersebut mengidentifikasikan bahwa Affandy Rais sejak kecil sudah memiliki ciri-ciri atau sifat-sifat yang menunjukkan bahwa Ia memiliki bakat sebagai seniman. Sementara itu, perkembangan pada karya-karya Affandy Rais pada tahun 2013 merupakan awal mula perkembangan karya dan kesenimanannya. Karya yang dibuat oleh Affandy Rais mulai dari corak realisme, corak karikatur, corak drawing dan corak abstrak. Beragam corak tersebut dibuat secara bergantian sampai saat ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biografi dan karya-karya Affandy Rais berkembang sangat dinamis.
Kata kunci: Biografi, Seniman, Seni Lukis, Affandy RaisFull Text:
PDFReferences
Farida, A. 2019. Studi Pustaka Tentang Perkembangan Teknologi dan Peningkatan Kepatuhan Pajak: Apakah Berbanding Lurus. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6(2), 135-140.
Fitriany, A., & I. Fajriyah. 2015. Sejarah Budaya Kawin Siri di Desa Kalisat Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Jurnal Edukasi, 1(2): 253-274.
Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2): 134-139.
Hidayatullah, H. 2022. Makna Simbolik Sadaka Dalam Ritual Adat Masyarakat Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3): 553-562.
Sayono, J. 2021. Langkah-Langkah Heuristik Dalam Metode Sejarah Di Era Digital. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 15(2): 369-376.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA: Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Telaumbanua, S., Juilela., & N. S. Tondang. 2022. Nilai Keteladanan Dalam Teks Biografi Jenderal T.B. Simatupang Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia DI kelas X SMA. Asas: Jurnal Sastra, 11(1): 13-25.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Given by:
DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO
Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License