Pola Pewarisan Keterampilan Seni Ukir Pada Masyarakat Transmigrasi Bali Di Desa Mopugad Provinsi Sulawesi Utara

I Wayan Candra, I Wayan Sudana, Hariana Hariana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan secara eksplisit pola pewarisan keterampilan seni ukir pada masyarakat transmigrasi Bali di Desa Mopugad, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan format studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan telaah studi pustaka. Teknik analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data serta pembahasan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pola pewarisan keterampilan seni ukir yang ada di Desa Mopugad dilakukan dengan pola pewarisan tegak (vertical transmission) dan pola pewarisan miring (diagonal transmission). Pada pola pewarisan tegak, keterampilan mengukir dibelajarkan dari pengukir ahli kepada pengukir pemula berdasarkan garis keturunan keluarga, sedangkan pada pola pewarisan miring keterampilan mengukir dibelajarkan dengan kegiatan belajar secara mandiri pada lingkungan masyarakat tanpa berdasarkan keturunan. Proses pembelajaran mengukir pada kedua pola pewarisan tersebut dilakukan melalui tahap-tahap yang sistematis, yaitu: pengenalan alat, pembuatan bentuk dasar ukiran (makalin), menghaluskan, finishing, perawatan alat, dan menggambar motif-motif ukiran. Melalui pola dan proses pembelajaran tersebut, keterampilan seni pada masyarakat transmigrasi Bali di Desa Mopugad dapat diwariskan lintas generasi.
Kata kunci: Pola Pewarisan, Keterampilan, Seni Ukir, Masyarakat Transmigrasi


Full Text:

PDF

References


Elvandari, E. 2020. Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi. Geter. Jurnal Seni Drama Tari dan Musik, 3(1): 93-104.

Gustami SP. 2004. Proses Penciptaan Seni Kriya, Program Penciptaan Seni, Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Neolaka, Amos dan G. Amalia. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Prihatsanti, U, Suryanto dan W. Hendriani. 2018. Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Jurnal Buletin Psikologi, 26(2):126-136.

Rashid, A. M., Bin Hassan, Z., and Al- Oqaily, A. T. 2015. Investigation of Tacit Knowledge Measurement Methods. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 76(2): 1817- 3195.

Rahmawati, A., Triyanto, dan Iswidayanti, S. 2017. Seni Relief Desa Senenan: Kajian Estetik, Fungsi, dan Pewarisannya di Sanggar Jepara Carver. Catharsis. Journal of Arts Education, 6(1): 28-37.

Sugiarto, E. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License