Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Generasi Muda Dalam Mewarisi Kerajinan Sulaman Karawo Di Desa Huntu Selatan

Hasdiana Hasdiana, Suleman Dangkua, Nispa Fatradewi Pomoalo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat generasi muda di desa Huntu Selatan dalam mewarisi kerajinan sulaman karawo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dengan pengabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kurangnya minat Generasi Muda dalam mempelajari kerajinan sulaman karawo di desa Huntu Selatan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah (1) Faktor motivasi, terdapat 33% yang termotivasi dan 67% tidak termotivasi, (2) Faktor bakat, terdapat 21% berbakat dan 79% tidak berbakat. Faktor eksternal adalah (1) Faktor keluarga 21% mendukung dan79% keluarga tidak mendukung, (2) Faktor kesehatan 88% berdampak pada kesehatan dan 12% karawo tidak berdampak bagi kesehatan, (3) Faktor pendidikan 25% dapat mempelajari karawo 75% dan tidak pernah mempelajari tentang kerajinan karawo, (4) Faktor ekonomi dan pekerjaan 58% informan memberikan alasan keuntungan tidak terlalu besar dan 42% ada pekerjaan lain. Disimpulkan, kurangnya minat Generasi Muda dalam mempelajari kerajinan sulaman karawo di desa Huntu Selatan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Kata Kunci: Kerajinan, Generasi Muda, Sulaman, Karawo,Warisan


Full Text:

PDF

References


Hasdiana, U. N. DIVERSIFIKASI PRODUK TEKSTIL KARAWO MELALUI SURFACE DESIGN DENGAN MENERAPKAN VARIASI TEKNIK SULAM DASAR. Kreativitas dan Inovasi Dalam Seni Rupa dan Desain, 59.

Hasdiana, D., & Naini, U. (2012). Peningkatan Brand Image Kerawang Melalui Penciptaan Desain Ragam Hias Kreatif Beridentitas Kultural Budaya Gorontalo Untuk Mendukug Industri Kreatif. Laporan Hasil Penelitian (Tidak Terbit).

Hasdiana, Naini, U., Mohamad, I., & Malanua, N. (2019, August). Engineering Design of Traditional Gorontalo Motif for Learning Karawo Embroidery. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 327-332). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.53

Jahja Y. 2013. Psikologi Perkembangan. Kharisma Putra Utama, Jakarta KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), 1999 Pustakakita, Yogyakarta.

Maryuni, K. Yahiji, dan S. D. Yusuf. 2021. Pengembangan Seni Karawo dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Gorontalo, Jurnal AL-Buhuts, 17(1): 65-74.

Raharjo. Timbul. 2011. Seni Kriya dan Kerajinan. Yogyakarta : Pogra Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Raharjo, T., O. H. Marwoto, T. Raharjo, Dan S. Suharton. 2011. Seni Kriya & Kerajinan Volume 1, Yogyakarta: Program Pascasarjana.

Rahmatiah. 2017. Sulam Karawo: Kontruksi Identitas Budaya Gorontalo. Jurnal Pendidikan, sosial dan Budaya. 3(1):9-17.

Renita,B.danY.P.Hadiyanto.2007.Bimbingan dan Konseling Untuk SMA dan MA Kelas XII. Erlangga. Jakarta

Rukajat Ajat, (2018), Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: CV Budi Utama Sidiq.

Santrcok, J.W (2007). Perkembangan anak edisi 11. Jakarta:Erlangga.

Sudana, I Wayan. 2019. Dinamika Perkembangan Seni Karawo Gorontalo. GELAR Jurnal Seni Budaya. 17(1) 31-43.

Wibowo. P. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Masuk ke Sekolah Menengah Kejurusan Program Keahlian Elektronika Industri di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Wicaksono Arif, 2021. Buku Aktifitas Fisik dan Kesehatan Fisik, IAIN Pontianak Prees: Pontianak.

Yuliyanti. 2021. Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Jurnal Penelitian. 5(1):28-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor