PENERAPAN TEKNIK ASAMBLASI PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BONEPANTAI

Felma Adam, Hasmah Hasmah, Ulin Naini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil proses penerapan teknik asamblasi pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Bonepantai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Penerapan teknik asamblasi yang dilakukan oleh siswa kelas X 1 dengan jumlah siswa 32 orang, melalui beberapa tahap yaitu (1) Tahap pra pelaksanaan yakni dengan mempersiapkan surat izin penelitian, memperiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses penelitian, serta menyiapkan rencana persiapan pembelajaran (RPP), (2) Tahap pekerjaan lapangan (pelaksanaan) yakni terdiri dari 6 langkah yaitu pertama; menjelaskan mengenai teknik asamblasi, kedua; menjelaskan fungsi alat dan bahan, ketiga; membagikan alat dan bahan, keempat; siswa mulai membuat desain, kelima; siswa mulai membuat kerajinan, keenam; yaitu siswa melakukan proses finishing pada karya kerajinan, (3) Tahap hasil pelaksanaan yakni berdasarkan hasil rincian dan akumulasi nilai siswa yang  telah diperoleh pada hasil penelitian, sebanyak 17 orang siswa yang mendapatkan nilai dalam rentang 75,1-84  dengan kategori (Sangat Baik) dan 15 orang siswa yang mendapatkan nilai dengan rentang 66,3-74,8 dengan kategori (Baik). Serta akumulasi nilai keseluruhan siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,8 dengan kategori (Sangat Baik), sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam materi kerajinan di sekolah SMA Negeri 1 Bonepantai.

Kata Kunci : Teknik Asamblasi, Kerajinan, Penerapan, Hasil.


Full Text:

PDF

References


Junaedi Deni. (2017). Estetika: Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai, Yogyakarta: Artciv.

Kartika, D, S., Perwira, G, N. (2004). Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.

Maulana Gusti Ferdian. (2020). Woven Wave An Sound Exporation. Jurnal Telkom University. 7(2):6022-6030.

Nurluthfiana Fadia, dkk. (2023). Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Kerajinan Kain Flanel Pada Teori Kontruktivism. Jurnal Prosiding Mateandrau. 2(1):399-408.

S. J. Ismayati Sali, Mastiah. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Metode Demonstrasi Teknik Kolase. Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1):56-64.

Sunarto. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika. 8(2):108-113.

Sutrisno, M, dkk. (2005). Teks- Teks Kunci Estetika; Fisafat Seni. Yogyakarta Galangpress.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License