Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Berbusana Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Andi Nur Maida

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian regresi dengan pendekatan penelitian kuantitatif untuk mengetahui: (1) gambaran gaya hidup hedonis mahasiswa; (2) gambaran perilaku berbusana mahasiswa; (3) pengaruh yang signifikan antara gaya hidup hedonis terhadap perilaku berbusana mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2016, 2017, 2018 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan metode produc moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya Gaya Hidup Hedonis yang tergolong sedang yang ditunjukkan dengan frekuensi 43,7% sebanyak 14 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 30,61 – 34,79. (2) adanya Perilaku Berbusana Mahasiswa dengan kategori sedang yang ditunjukan dengan frekuensi sebanyak 50% sebanyak 16 mahasiswa yang menghasilkan nilai pada interval 38,66 – 44,9. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Berbusana Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dengan hasil yang diperoleh pada nilai konstanta sebesar 7,371 dan nilai koefisien regresi prediktor sebesar 1,050.

Kata kunci: Gaya Hidup Hedonis, Perilaku Berbusana, Mahasiswa.


References


Astuti. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Berbusana. Skripsi.UIN Syarif Hidayatullah. 2014.

Barnard, Malcolm. Fashion Sebagai Komunikasi, terj. Idy Subandy Ibrahim dan Yosal Iriantara Yogyakarta, Jalasutra. 2011.

Barthes, Roland. The Fashion Sistem, terj. Matthew Ward dan Richard Howard, Barkeley CA: Universityof California Press. 1990

Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto. Sosiologi : Teks Pengantar & Terapan. Jakarta: Kencana. 2010.

Ervia Ristiana, Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pakaian Distribution Store (Distro) Di Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.

Fakhrunnisa, Mastura. Gaya Busana Sebagai Media Pembentukkan Identitas Musik White Shoes And The Couples Company‖, 2016. e-Journal Acta Diuma 5, no. 1 vol. 3

Ibrahim. Budaya Populer Sebagai Komunikasi,Jalasutra, Yogyakarta. 2007.

Nugraha. Fashion Sebagai Pencitraan Diri Dan Identitas Budaya. Skripsi. Purwokerto. 2012.

Subandy, Idi. Ecstasy Gaya Hidup. Bandung: Penerbit Mizan. 1997.

Svendsen, Lars. Fashion in A Philosophy. Britain: Cromwell Pres Trowbrigde. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Given by:

DEPARTMENT OF FINE ARTS AND DESIGN
FACULTY OF ENGINEERING, STATE UNIVERSITY OF GORONTALO

Jl. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, Moutong Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency – Gorontalo Province 96554 Indonesia
Telephone : 0435-821752
Website : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsd
email: jjsd.2021@ung. ac .identifier

Lisensi Creative Commons


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License