Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Materi Garis Singgung Lingkaran melalui Penggunaan Media Papan Lingkaran
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. Machmud, S. Sartika, and N. Achmad, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP,” Vygotsky, vol. 4, no. 2, p. 67, 2022, doi: 10.30736/voj.v4i2.497.
K. A. Y. Pauweni and M. E. B. Iskandar, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan,” Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, pp. 23–28, 2020, doi: 10.34312/euler.v8i1.10372.
A. Moha, P. Zakaria, F. Oroh, and Majid, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS,” EULER J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, p. 19, 2019.
S. Arikunto and S. Suhardjono, Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Y. Pakaya, A. W. Abdullah, and D. R. Isa, “Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Suwawa Timur,” Laplace J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 19–29, 2022, doi: 10.31537/laplace.v5i1.668.
K. Y. Prastika, N. Abbas, Y. Ismail, and Majid, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13917–13932, 2023, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1998/1471
A. Irfah and N. Rahmah, “Pendekatan Problem Posing Berbasis Teori Polya,” Kelola J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 143–153, 2017, doi: 10.24256/kelola.v2i2.436.
D. Hasiru, S. Q. Badu, and H. B. Uno, “Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh,” Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 59–69, 2021, doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.10587.
A. Ribunu, Majid, A. D. Mohidin, and F. A. Oroh, “Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa,” … J. Soc. Sci. …, vol. 3, no. 5, pp. 1866–1873, 2023.
A. D. Putri, “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JAM SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNUR SUMATERA SELATAN,” 2017.
S. Wati, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Pada Materi Peluang Siswa Kelas Xi Smk Datok Sulaiman Palopo,” 2016.
A. D. Gita, “Implementasi Media Papan Garis Singgung Lingkaran ( Pagasili ) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI pada SMK Al Wahyu,” vol. 1, no. 3, pp. 1–5, 2024.
Dadang Yudhistira, Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2013.
R. Taha, S. Q. Badu, and A. Arsyad, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization,” Jambura J. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 147–154, 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16147.
H. H. B. Uno, Lamatenggo, Nina, Satria, and koni, Desain Pembelajaran, no. November. Gorontalo: Nurul Jannah, 2020.
Sugyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta, 2016.
DOI: https://doi.org/10.37905/jmathedu.v5i2.26481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jambura Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION |
Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia |
Email: matematika@ung.ac.id |
+6285255745923 (Call/SMS/WA) |
Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |