Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga

Suhardiman Darson Tamu, Evi Hulukati, Ismail Djakaria

Abstract


Artikel ini membahas tentang pengembangan modul dan video pembelajaran matematika pada materi Dimensi Tiga. Pengembangan dengan menggunakan model ASSURE, yaitu Analyzer learner, State standards and objectives, Select strategies, Technology media and materials, Utilize technology, Require learner participation, dan Evaluate and revise. Kualitas modul dan video dalam pengembangan ini dilihat dari dua aspek yaitu validitas dan kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi modul dan video, lembar angket respon peserta didik dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian mengungkapkan penilaian dari validator terhadap modul dan video memperoleh kriteria valid. Selanjutnya, penerapan modul dan video dalam pembelajaran mendapatkan respon positif dari guru dengan rata-rata persentase 86.08% dan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase 77.56%. Nilai rata-rata respon guru dan peserta didik ini menunjukkan kategori sangat baik, sehingga modul dan video dapat dikatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hal ini menunjukkan bahwa modul dan video pembelajaran memenuhi aspek valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

 


Keywords


Modul dan Video; ASSURE; Pembelajaran Matematika; Dimensi Tiga

Full Text:

PDF

References


HM Musfiqon, "Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran", Jakarta, Prestasi Pustakaraya, 2012.

Muhammad Rahman dan Sofan Amri, "Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran", Jakarta, Prestasi Pustakaraya, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Nur Irwanto dan Yusuf Suryana, "Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional", Sidoarjo, Genta Group Production, 2016.

Dewi Purwanti, "Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure", Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 42-47 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615.

Nur Entin Lasabuda, "Pengembangan Media Youtube Channel-BBM (Belajar Bareng Matematika) dalam Pembelajaran Matematika", Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo, 2017.

Erif Ahdhianto, "Pengembangan Modul Pembelajaran Geometri Bangun Datar Berbasis Teori Van Hiele untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar", Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 37-48.

Azhar Arsyad, ”Media Pembelajaran", Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2008.

Putri Wahyuni Adjie, "Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis di SMA/MA", Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontalo, 2018.

Wina Sanjaya, "Media Komunikasi Pembelajaran", Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.