Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung

Arianto A. Diu, Abdul Djabar Mohidin, Nursiya Bito, Sumarno Ismail, Resmawan Resmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung. Bangun ruang sisi lengkung yang dibahas, difokuskan pada topik tabung dengan siswa SMP Negeri 2 Gorontalo sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dan melalui angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung tabung mencapai kategori “sangat baik”, dengan indikator: kemampuan guru dalam menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran sebesar 84%, aktifitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sebesar 84%, dan respon positif peserta didik terhadap multimedia interaktif sebesar 85%.

Keywords


Multimedia Interaktif; Bangun Ruang Sisi Lengkung; Tabung

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


H. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

C. Devi, T. S. G. Utari, and M. Nurkanti, “Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia,” J. BIOEDUKATIKA, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2018.

A. S. S. Harningsih and E. Napitupulu, “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” J. Teknol. Inf. Komun. DALAM Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 24–37, Jan. 2015.

Y. Andinny and I. Lestari, “Pengaruh Pembelajaran Multimedia terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 169–179, 2016.

A. Atmawarni, “Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah,” PERSPEKTIF, vol. 1, no. 1, pp. 20–27, Jan. 2016.

V. Damopolii, N. Bito, and R. Resmawan, “Efektifitas Media Pembelajaran berbasis Multimedia pada Materi Segiempat,” Algoritm. J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 74–85, 2019.

P. U. Suseno, Y. Ismail, and S. Ismail, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 59–74, 2020.

B. Baiduri, M. Taufik, and L. Elfiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP,” Aksioma J., vol. 8, no. 1, pp. 248–261, 2019.

M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika,” JIPMat, vol. 2, no. 1, pp. 43–54, Jul. 2017.

D. A. Albar, A. Buchori, and Y. H. Murtianto, “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 221–230, Dec. 2017.

I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DOUBLECLICK J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 68–75, Feb. 2018.

S. Prastya and M. K. Umam, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Interaktif pada Hasil Belajar Materi Kesetimbangan,” J. Pendidik. Vokasional Tek. Mesin, vol. 3, no. 4, pp. 263–270, 2015.

P. A. M. Ariyawati, J. Waluyo, and J. Prihatin, “Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam Pembelajaran IPA,” J. Pembelajaran dan Pendidik. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2017.

N. Bito, S. Ismail, and R. D. R. Dako, “The Application Design of Interactive Multimedia of IT- based Mathematics Learning on Strengtening Students ’ Characters,” Int. J. Sci. Basics Aplied Res., vol. 39, no. 2, pp. 129–138, 2018.

N. Bito, S. Ismail, and R. D. R. Dako, “The Development of Character Building-Based TwoDimensional Shapes Multimedia on Junior High School Students in Gorontalo Province, Indonesia,” Int. J. Sci. Basics Aplied Res., vol. 48, no. 1, pp. 115–125, 2019.

A. Syukria, “Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif pada Materi Dimensi Tiga,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 2, pp. 102–112, Dec. 2017.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.

slot online slot gacor slot