Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Spasial pada Topik Prisma dan Limas

Sofyan Nuna, Resmawan Resmawan, Dewi Rahmawaty Isa

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kemampuan spasial pada topik prisma dan limas. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif yang melibatkan siswa SMP Negeri 1 Telaga Biru sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian sebanyak 46 orang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen penelitian menggunakan tes essay untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa, tes objektif untuk mengukur kemampuan spasial dan wawancara untuk melengkapi dan memperkuat informasi tambahan yang diperlukan. Kemampuan koneksi matematis diukur dengan 3 indikator yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan antara ide-ide matematika; (2) memahami bagaimana ide-ide matematika berhubungan dan saling berkaitan sehingga merupakan satu sistem yang utuh; dan (3) mengenal dan menerapkan matematika pada masalah kehidupan sehari- hari. Kemampuan spasial diukur dengan 5 indikator yaitu: (1) kemampuan persepsi; (2) kemampuan visualisasi; (3) kemampuan rotasi; (4) kemampuan relasi; dan (5) kemampuan orientasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 99,49% siswa dengan kemampuan spasial tinggi, memiliki kemampuan koneksi matematis pada kategori sangat baik, 62,91% siswa dengan kemampuan spasial sedang, memiliki kemampuan koneksi matematis pada kategori baik, dan 56,56% siswa dengan kemampuan spasial rendah, memiliki kemampuan koneksi matematis pada kategori baik.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis; Kemampuan Spasial; Prisma; Limas

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


I. W. Anita, “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP,” Infin. J., vol. 3, no. 1, pp. 125–132, 2014.

S. Widyawati, “Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro,” J. Iqra’ Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 47–68, 2016.

I. F. Ulya, R. Irawati, and M. Maulana, “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 121–130, 2016.

S. Isnaeni, A. Ansori, P. Akbar, and M. Bernard, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel,” J. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 309–316, 2019.

N. D. Siregar and E. Surya, “Analysis of Students’Junior High School Mathematical Connection Ability,” Int. J. Sci. Basic Appl. Res., vol. 33, no. 2, pp. 309–320, 2017.

A. K. Kenedi, Y. Helsa, Y. Ariani, M. Zainil, and S. Hendri, “Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems,” J. Math. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 69–80, 2019.

H. N. Fajri, R. Johar, and M. Ikhsan, “Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia,” Beta J. Tadris Mat., vol. 9, no. 2, pp. 180–196, 2017.

B. Yilmaz and H. B. Yilmaz, “On the development and measurement of spatial ability,” Int. Electron. J. Elem. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 83–96, 2017.

A. P. Kusuma, “Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 135–144, Dec. 2017.

D. Reilly, D. L. Neumann, and G. Andrews, “Gender Differences in Spatial Ability: Implications for STEM Education and Approaches to Reducing the Gender Gap for Parents and Educators,” in Visual-spatial Ability in STEM Education, Cham: Springer International Publishing, 2017, pp. 195–224.

F. Xie, L. Zhang, X. Chen, and Z. Xin, “Is Spatial Ability Related to Mathematical Ability: a Meta-analysis,” Educ. Psychol. Rev., vol. 32, no. 1, pp. 113–155, Mar. 2020.

K. A. Gilligan, E. Flouri, and E. K. Farran, “The contribution of spatial ability to mathematics achievement in middle childhood,” J. Exp. Child Psychol., vol. 163, pp. 107–125, Nov. 2017.

M. Unlu and T. Horzum, “Mathematics Teacher Candidates’ Definitions of Prism and Pyramid,” Int. J. Res. Educ. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 670–685, 2018.

S. Khadijah, S. Ismail, and R. Resmawan, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2020.

S. D. Tamu, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 21–31, Mar. 2020.

D. Wungguli and L. Yahya, “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 41–47, Mar. 2020.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.

slot online slot gacor slot