Pengaruh Perasan Labu Siam terhadap Penurunan Tekanan Darah

Muhammad Sahlan Zamaa, Chitra Dewi, Salma Salma

Abstract


Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah distolik dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu 5 menit dalam keadaan cukup istirahat. Untuk menurunkan tekanan darah, salah satunya dengan menggunakan terapi herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh perasan labu siam terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di puskesmas Dongi. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pre Experimental Design dengan menggunakan desain One Group Pre Test and Post Test. Di dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah pasien lansia dengan dengan riwayat hipertensi berjumlah 40 responden. Hasil penelitian ini yang diukur adalah TD sistolik dan diastolik di dapatkan effect size dari intervensi perasan labu siam terhadap TD adalah 0.000. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji repeated ANOVA yang didapat dari data pengukuran hari pertama dan ketiga diperoleh nilai p 0,00 pada ekstramitas kiri dan kanan Penurunan tekanan darah setelah minum perasan labu siam selama 5 hari berturut-turut mengalami penurunan sistolik 10 mmHg, dan diastolik 6 mmHg dibandingkan sebelum minum perasan labu siam. Simpulan dalam penelitian, bahwa Pemberian Perasan Labu Siam selama 5 hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Untuk selanjutnya, di sarankan kepada pihak Puskesmas Dongi untuk memberikan penyuluhan tentang Perasan Labu Siam atau menggunakan Labu Siam sebagai pengobatan alternatif non farmakologi kepada Masyarakat penderita hipertensi.

Keywords


perasan labu siam, penurunan, tekanan darah

Full Text:

PDF

References


Hipertensi Pada Ibu Rumah Tangga Di Puskemas Gang Aut Kelurahan Paledang Kecamatanbogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 2(1), 59-63.

Darmojo, B., & Martono, H. (2006). Buku ajar geriatri (ilmu kesehatan usia lanjut) edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka FKUI.

Dewi, Y. I. (2014). Efektifitas kombinasi terapi kukusan labu siam dan senam anti stroke terhadap penurunan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi. Riau University.

Group, I. C. R. (1988). Intersalt: an international study of electrolyte excretion and blood pressure. Results for 24 hour urinary sodium and potassium excretion. BMJ: British Medical Journal, 319-328.

Gunawan, D., & Mulyani, S. (2010). Ilmu Obat Alam (Farmakognosi). Jakarta: Jakarta Penebar Swadaya.

Junaidi, I. (2011). Stroke, waspadai ancamannya: Penerbit Andi.

Kowalski, R. E. (2008). Terapi Hipertensi. Bandung: Mizan.

Maulidina, F., Harmani, N., & Suraya, I. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Jati Luhur Bekasi tahun 2018. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 149-155.

Naismith, D. J., & Braschi, A. (2003). The effect of low-dose potassium supplementation on blood pressure in apparently healthy volunteers. British Journal of Nutrition, 90(1), 53-60.

Nugroho. (2008). Keperawatan Gerontik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Saputro, H. T. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien tentang Hipertensi dengan Sikap Kepatuhan dalam Menjalankan Diit Hipertensi di Wilayah Puskesmas Andong Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudibyo, A. (2014). Efek Jus Buah Labu Siam (Sechium Edule Swartz) Terhadap Tekanan Darah Normal Laki-Laki Dewasa. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(4repository).

Sutrisno, S., & Ndapajaki, F. (2021). EKSTRAK LABU SIAM DAN WORTEL TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI SASANA KARTINI KELURAHAN TOSAREN. JURNAL SABHANGA, 3(2), 1-7.

Syachroni, S. S., Syarifah, U., Kom, S., & Yulianto, A. (2013). RISET KESEHATAN DASAR.

WHO, W. (2013). A global brief on hypertension: silent killer, global public health crisis.

Widharto. (2007). Bahaya hipertensi. Jakarta Selatan: PT. Sunda Kelapa Pustaka.

Yuninda, E. (2009). Pengaruh jus labu siam (sechium edule) terhadap tekanan darah wanita dewasa. Universitas Kristen Maranatha.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v4i2.14182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Sahlan Zamaa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.