Pelatihan Pembuatan Dan Pemasaran Abon Ikan di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango

Aizza Kirana kirana, Fentje Abdul Rauf, Idham Halid Lahay, Abdul Rasyid, Hendra Uloli, Stella Junus

Abstract


Masyarakat Desa Huangobutu merupakan masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Sehingga pendapatan dari nelayan sangat berpengaruh terhadap perekonomian daerah. Perekonomian Desa Huangobutu sangat bergantung pada sumber daya perikanan laut. Ikan yang merupakan makanan sumber protein memiliki kelemahan yaitu tidak dapat bertahan lama. Komoditas ini cepat rusak dan membutuhkan pemrosesan lebih lanjut. Pengolahan yang dilakukan berupa pengolahan ikan menjadi abon ikan. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi pembuatan abon ikan. Target audiens kegiatan ini adalah masyarakat di desa Huangobatu, kecamatan Kabila Bone, kabupaten Bone Bolango.

Kata kunci : Pelatihan abon ikan, Desa Huangobatu


Full Text:

PDF

References


Agustina, I., & Laura, L. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Pt.Esa Kreasio Sportindo (Stayhoops). Journal of Accounting and Business Studies, 4(1), 77.

Atmojo, I. R. W., Munip, A. A., Rikiaifuni, Z. S., & ... (2022). Edukasi dan Pelatihan Masyarakat dalam Pembuatan Desain Kemasan Produk dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Giri Berkah. JPI (Jurnal Pendidikan …. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/61514%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/download/61514/35658

Dikemas. (2022). Sudah Tahu Cara Mengolah Abon Ikan Tuna? Begini Caranya. Retrieved from https://dikemas.com/cara-mengolah-abon-ikan-tuna

Huthaimah, Yusriana, & Martunis. (2017). Pengaruh Jenis Ikan dan Metode Pembuatan Abon Ikan terhadap Karakteristik Mutu dan Tingkat Penerimaan Konsumen ( Effect of Fish Type and Fish Abon Making Method on Quality Characteristics and Consumer Acceptance Levels ) Program Studi Teknologi Hasil Pert, 2(3), 244–254.

Nurmaida, E. A., & Tuwo, M. A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan ( Suatu Kasus Pada Umkm Citra Permata Kendari ), 4(2), 45–51.

Purnavita, S., Sriyana, H. Y., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-Dimas, 9(1), 88. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260

Renate, D., & Anggraini, D. (2021). Teknologi Pengolahan Produk Olahan Ikan Di Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5, 86–90. Retrieved from https://online journal. unja.ac.id/JKAM/article/view/17006%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/download/17006/12950

Sartika, W., & Hellyward, J. (2017). Bauran Pemasaran Susu Sapi dan Susu Kambing Segar di Kota Padang. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 19(3), 178. https://doi.org/10.25077/jpi.19.3.178-184.2017

Tuli, H., Hamin, D. I., Nursam, I., & Olatapa, M. Y. (2022). Alternatif Pengelolaan Persediaan Ikan Melalui Pembuatan Abon Ikan Bagi Nelayan, 01, 189–192.

W, R. T., D, B. A., & Basuki, A. (2021). Pemberdayaan Manajemen Kelompok Usaha Pengolah Abon Ikan Tuna Desa Gajaherjo , Kabupaten Malang, 5(2), 135–142.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpti.v1i1.17184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian IndustrialTech (JPI)