PENGOLAHAN ECOBRICK SEBAGAI SOLUSI MENGATASI MASALAH LINGKUNGAN WILAYAH PESISIR DI DESA TIHU KECAMATAN BONE PANTAI

Irwan Wunarlan, Nilawaty Yusuf, Yayu Isyana D Pongoliu

Abstract


Kegiatan pengabdian dilaksanakan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan terutama wilayah pesisir, melalui pengelolaan (daur ulang) sampah. Kegiatan pengabdian ini memberikan edukasi mengenai sampah yang dilakukan dengan pembuatan ecobrick sebagai salah satu cara dalam mengurangi sampah plastik terutama dari masyarakat pesisir Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai. Metode dalam kegiatan ini dilakukan dengan memberikan edukasi melalui metode ceramah tentang pembuatan ecobrick kepada siswa-siswa yang ada di Desa Tihu, persiapan alat bahan, sampai dengan tahap pembuatan ecobrick. Hasil dari pengabdian ini berupa produk tempat duduk ecobrick berbahan sampah plastik. Pengabdian ini diharapkan kedepannya dapat berkelanjutan agar mewujudkan desa wisata yang bebas dari sampah dan menunjang ekonomi masyarakat pesisir melalui pembuatan produk ecobrick. Dampak dari kegiatan yang telah dilaksanakan baik itu pelatihan dan edukasi sampah melalui ecobrick mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat pesisir Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai dalam memanfaatkan media sampah serta mengenalkan potensi wisata ke masyarakat luar.


Keywords


sampah plastik; ecobrick; pelatihan; Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Dasman, S., Nurastuti, P., & Mardiani, I. N. (2022). Pelatihan Ecobrick Untuk Mengurangi Permasalahan. 3(April), 27–33.

Ernis, G., Fitriani, D., & Windirah, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan Ecobricks Sebagai Solusi Pengelolaan Sampah Anorganik Di Desa Wisata Rindu Hati Kabupaten Bengkulu Tengah. 4(3), 110–114.

Lestari, M. M. (2013). Potensi dan Tantangan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Dalam Penciptaan Masyarakat Pesisir Yang Siap Menjawab Perkembangan Zaman. Jurnal Selat, 1(1), 8–12.

Nurfadillah, A. R., Mohamad, S. N., Lalu, N. A. S., Masyarakat, J. K., Gorontalo, U. N., Pendidikan, J., & Madrasah, G. (2022). GENITRI : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN Upaya Pengurangan Sampah Plastik dengan Menggunakan Metode Ecobrick di Wilayah Pesisir Huangobotu. 1.

Parmawati, R., Fadli, M., Semedi, B., & Handawijaya, G. K. (2022). Ecobricks And Ecopreneurship as Effort Plastic Waste Management In The Kampung Wisata Warna Warni Jodipan , Malang City Ecobricks Dan Ecopreneurship Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di Kampung Wisata Warna Warni Jodipan Kota Malang. 5(1), 1–12.

Rahendaputri, C. S., Endrawati, B. F., & Abdallah, B. N. (2020). Pelatihan pembuatan ecobrick untuk masyarakat pesisir pantai balikpapan. 1(1), 1–6.

Sunandar, A. P., Farhana, F. Z., & Chahyani, R. Q. C. (2020). ECOBRICK Sebagai Pemanfaatan Sampah Plastik di Laboratorium Biologi dan Foodcourt Universtias Negeri Yogyakarta ECOBRICK. 4(1), 113–121.

Sahami, F. M., Cempaka, S., & Kadim, M. K. (2020). Komposisi dan Kepadatan Sampah di Pantai Leato Utara, Kota Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpti.v2i1.19928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irwan Wunarlan, Nilawaty Yusuf, Yayu Isyana D Pongoliu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.