Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis SDGs Di Desa Moodulio

Lydia Tatura, Abdi Gunawan Djafar, Niniek Pratiwi

Abstract


Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat Dalam Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis SDGs yang ada di Desa Moodulio,  Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan melakukan terobosan-terobosan dibidang Kepariwisataan. Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat umum yang berada di Desa Moodulio. Selain itu mahasiswa juga berkerja sama dengan Karang Taruna melalui pembentukan Pokdarwis. Metode kegiatan  bagi masyarakat Desa Moodulio pada program KKN Tematik Membangun Desa ini menggunakan metode pendampingan langsung di lapangan dalam bentuk praktek langsung. Program atau solusi yang ditawarkan adalah 1) Dibuatkan sanggar POKDARWIS sebagai wadah aktifitas dan eksistensi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembangunan desa wisata yang berkelanjutan (SDGs); 2) Mengembangkan Potensi  Desa melalui proses pembelajaran dan pelatihan masyarakat,   dalam mewujudkan masyarakat yang sadar akan potensi desa wisata yang dimiliki desa  Moodulio, pelaksana kegiatan  melibatkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mahasiswa, serta pemerintah Desa sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan KKN Tematik  Desa Membangun ini. Dari beberapa program yang dijalankan keberlanjutan program nantinya dapat dilihat dalam bentuk realisasi pelaksanaan kegiatan yang nantinya akan diterapkan oleh masyarakat setempat.


Keywords


Optimalisasi; Desa Wisata; Berbasis SDGs

Full Text:

PDF

References


Irhamsyah.F, 2019. SDGs and their impact on Indonesia's national resilience. URL: https://www.academia.edu/41595737/Fahmi_Irhamsyah_SDGs_and_their_impact_on_Indonesias_national_resilience. Diakses tanggal 9 Juni 2023.

LPPM UNG, 2023. Panduan Kegiatan KKN Tematik dan Kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Meredeka Terintegritas Kuliah Kerja Nyata Semester Genap T.A. 2022/2023. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo 2023.

Profil Desa Moodulio 2021




DOI: https://doi.org/10.37905/jpti.v3i1.22471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lydia Tatura, Abdi Gunawan Djafar, Niniek Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.