TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA

Rabiudin Rabiudin, Rusdin Rusdin, Wa Maimuna

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajaran fisika dan matematika siswa sekolah menengah atas (SMA) di Papua Barat. Penelitian ini berangkat dari keinginan untuk memetakan dan menemukan letak masalah kognitif bagi siswa SMA di Papua Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskripsif, dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian tindakan yang diikuti evalusi dan pengukuran kemampuan mengingat berdasarkan indikator kemampuan mengingat konsep, mengingat persamaan, mengingat pola soal, megingat prosedur dan kemampuan mengingat objek visual dalam belajar Fisika dan matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dengan pemetaan persentase kemampuan siswa pada tiga skala ukur yaitu, mampu, kurang mampu dan tidak mampu. Temuan penting dalam penelitian ini adalah kemampuan mengingat siswa dalam pelajaran fisika dan matematika kurang optimal, sehingga hal ini menjadi indikasi kesulitan siswa dalam menguasai aspek kognitif pada tingkatan berikutnya. Namun demikian, kemampuan mengingat siswa pada matapelajaran fisika lebih baik dibandingkan matematika.

Keywords


Tingkatan kognitif, Kemampuan mengingat, Kesulitan belajar.

References


Anderson, L. W. (2008). Prospective Memory. In Lawrence Erlbaum Association. Taylor & Francis.

Atkin, M. (2003). Everyday Assesment In The Science Classroom (J. Andrew Cocke (ed.)). David Beacom Publisher.

Baron, N. S. (2021). Know what? How digital technologies undermine learning and remembering. Journal of Pragmatics, 175, 27–37. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.01.011

Bilqis, E. (2017). Analisis Kemampuan Ipa Melalui Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Penentuan Jurusan Di Sma Bustanul Ulum Nu Bumiayu. Dialektika P. Matematika, 4(1), 14–32.

BPS, P. (2019). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Papua Barat. 19, xiv+ 190.

Carterette., E. C. . M. P. F. (2008). Handbook of Perception and Cognition. In Handbook of Cognitive Science. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-046616-3.00009-8

Casey, E. S. (2003). Remembering: A Phenomenological Study Second Edition (Issue 1).

Coffman, J. L., Grammer, J. K., Hudson, K. N., Thomas, T. E., Villwock, D., & Ornstein, P. A. (2019). Relating Children’s Early Elementary Classroom Experiences to Later Skilled Remembering and Study Skills. Journal of Cognition and Development, 20(2), 203–221. https://doi.org/10.1080/15248372.2018.1470976

Darwanto. (1384). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Pengertian dan Indikatornya) Darwanto. 20–26.

Dziwornu, E., Dey, N. E. Y., Owusu Ansah, K., Arthur-Holmes, F., Duah, H. O., Amoah, P. A., & Agbadi, P. (2021). Association between remembering difficulty and anxiety and depression among children in Ghana. Journal of Affective Disorders Reports, 6(August), 100212. https://doi.org/10.1016/j.jadr.2021.100212

Ervina Rhahim, Edy Tandililing, S. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Fung, C. H., & Poon, K. K. (2021). Can dynamic activities boost mathematics understanding and metacognition? A case study on the limit of rational functions. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 52(8), 1225–1239. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1749905

Gardiner, John M. Richardson-Klavehn, A. (2000). Remembering and knowing. Oxford University Press.

Keightley, Emily. Pickering, M. (2012). The Mnemonic Imagination. In Nuevos sistemas de comunicación e información.

Murtadlo, M. (2016). Perkembangan Pendidikan Madrasah Di Tanah Papua. Al-Qalam, 21(2), 347. https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.235

Ornstein, P. A., & Coffman, J. L. (2020). Toward an Understanding of the Development of Skilled Remembering: The Role of Teachers’ Instructional Language. Current Directions in Psychological Science, 29(5), 445–452. https://doi.org/10.1177/0963721420925543

Ornstein, P. A., Haden, C. A., & Hedrick, A. M. (2004). Learning to remember: Social-communicative exchanges and the development of children’s memory skills. Developmental Review, 24(4), 374–395. https://doi.org/10.1016/j.dr.2004.08.004

Rabiudin; E, H, N. (2021). Development of USA method (understanding, sketching, analysing) as practical way to resolving classical mechanics problems for physics lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1), 12043.

Rapp, B., & Wiley, R. W. (2019). Re-learning and remembering in the lesioned brain. Neuropsychologia, 132(January), 107126. https://doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2019.107126

Sanirin, N. F. (2015). Kontribusi Kemampuan Numerik Dan Spasial Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Fisika Edukasi, 2(1), 55–60.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Identifikasi Masalah Belajar Mahasiswa Papua di Universitas Syiah Kuala. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Shakarami, A., Mardziah, H. A., Faiz, S. A., & Tan Bee, H. (2011). Remembering differently: Use of memory strategies among net-generation ESL learners. Educational Research and Reviews, 6(4), 350–357.

Sternberg, R. J. (2010). Individual Differences in Cognitive Development. In The Wiley-Blackwell Handbook of Childhood Cognitive Development, Second edition. https://doi.org/10.1002/9781444325485.ch29

Storm, B. C., & Stone, S. M. (2015). Saving-Enhanced Memory: The Benefits of Saving on the Learning and Remembering of New Information. Psychological Science, 26(2), 182–188. https://doi.org/10.1177/0956797614559285

Surgandini, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi Berdasarkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Papua pada Perkuliahan Aljabar Linear dan Penumbuhan Karakter Percaya Diri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 120–138. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.14326

Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis - Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83.

Syukran Ervina Rhahim, E. T. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual terhadap Keterampilan Proses Sains dan Persepsi Mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4378




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v4i1.13603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Rabiudin Rabiudin, Rusdin Rusdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.