PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adom, D., Mensah, J. A., & Dake, D. A. (2020). Test, measurement, and evaluation: Understanding and use of the concepts in education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 109–119. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20457
Akhiralimi, N., Fitriani, A., Sari, I. P., & Maulidah, R. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 6(2), 204–213. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/696
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Aprilia, T., & Panggabean, J. H. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI POKOK FLUIDA SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 9(2). http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi
Arianti, B. I., Sahidu, H., & Harjono, A. (2016). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 159–163.
Asrizal, A., Festived, F., & Sumarmin, R. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERMUATAN LITERASI ERA DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1–8.
Bariah, S. K. (2019). RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47.
Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment Knowledge and Skills for Teachers. Educational Measurement: Issues and Practice, 30(1), 3–12. http://www.unl.edu/buros/bimm/html/article3.html.
Bunawan, W., Setiawan, A., & Rusli, A. (2015). PENILAIAN PEMAHAMAN REPRESENTASI GRAFIK MATERI OPTIKA GEOMETRI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).
Fariyani, Q., & Rusilowati, A. (2015). PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGUNGKAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA SMA KELAS X. Journal of Innovative Science Education, 4(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Gurcay, D., & Gulbas, E. (2015). Development of three-tier heat, temperature and internal energy diagnostic test. Research in Science and Technological Education, 33(2), 197–217. https://doi.org/10.1080/02635143.2015.1018154
Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631
Helendra, H., & Sari, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17–25.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Keshavarz, M. (2011). MEASURING COURSE LEARNING OUTCOMES. Journal of Learning Design, 4(4), 1–9.
Klein, P., Müller, A., & Kuhn, J. (2017). Assessment of representational competence in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(1). https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.010132
Made Hermanto, I., Tahir, I., & Yunus, M. (2023). PENERAPAN MODEL GUIDED CONTEXT-AND PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 151–162.
Mardiyah, A., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2020). PENGUJIAN INSTRUMEN ROTATIONAL DYNAMICS CONCEPTUAL SURVEY DALAM MENGKAJI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMK PADA KONSEP DINAMIKA ROTASI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 173–182.
Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Murdani, E., & Kusumawati, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN WRITE (POEW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, 3(2), 80–85.
Natalia, D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSIS KONSEP IPA FISIKA. Momentum: Physisc Education Journal , 1(2), 103–110. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2
Ramadani, E. M., & Nana, D. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) (Vol. 8, Issue 1).
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI 3 BENGKAYANG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).
Savinainen, A., & Scott, P. (2002). The Force Concept Inventory: a tool for monitoring student learning. Physics Education, 37(1), 45. http://iopscience.iop.org/0031-9120/37/1/306
Selvia, S., Festived, F., Asrizal, A., & Hamdi, H. (2020). VALIDITAS PEMBUATAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E BERMUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI, MOMENTUM DAN IMPULS. Pillar of Physics Education, 13(2).
Tandililing, E. (2012). Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik, pemahaman matematik, dan selfregulated learning siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 24–31.
Tongchai, A., Sharma, M. D., Johnston, I. D., Arayathanitkul, K., & Soankwan, C. (2009). Developing, evaluating and demonstrating the use of a conceptual survey in mechanical waves. International Journal of Science Education, 31(18), 2437–2457. https://doi.org/10.1080/09500690802389605
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v5i1.19294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 I Made Hermanto, Unggul Wahyono, Nurhayati Nurhayati, Lukman Samatowa, Wahyu Muzizat Mohamad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.