PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA 2
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangan bahan ajar keterampilan proses sains menggunakan model discovery learning . Tujuan ini akan tercapai melalui kajian operasional atas pertanyaan-pertanyan penelitian yakni: (1). bagaimana hasil uji kelayakan bahan ajar dan instrument pendudukung yang dikembangkan, (2). bagaimana hasil uji coba one-to one trying out, (3). bagaimana hasil uji coba kelompok kecil (small group try out). Penelitian ini dikembangkan mengikuti model pendekatan sistem yang dirancang dan dikembangkan oleh Dick and Carey. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika semester 6 Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 40 orang, dimana dalam uji coba one-to one trying dan out small group try out dilakukan terhadap 11 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor validasi instrument (SVI) berada pada 3,60 lebih kecil atau sama dengan 3,67 sampai 3,80 lebih kecil atau sama dengan 4,0, artinya instrument yang dikembangkan sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan nilai penguasaan komponen-komponen keterampilan proses sain pada uji coba one-to one trying dan out small group try out adalah 77,70 (cukup baik) dan 83,07 (baik), dengan demikian disimpulkan bahwa: Pengembangan bahan ajar keterampilan proses sains yang menggunakan model discovery learning layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah Eksperimen Fisika ; Pengembangan bahan ajar keterampilan proses sains menggunakan model discovery learning dapat membantu mahasiswa pada uji coba one-to one trying menguasai komponen keterampilan proses sains berada pada kualifikasi cukup baik dengan rata-rata nilai 77,70; dan Pengembangan bahan ajar keterampilan proses sains menggunakan model discovery learning dapat membantu mahasiswa pada uji coba kelompok kecil (small group try out) menguasai komponen keterampilan proses sains berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata nilai 83,07.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Esomar, K. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Laerning Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unpatty Semester 2 Angkatan 2014-2015. Jurnal Inovasi Pembelajaran, Sains Dan Teknologi (INOPSTEK) ,10(2).
Furchan, H. A. (2007). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineke Cipta
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
Nur, M., & Wikandari, P. R. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nur M. (2003). Buku Panduan Kerterampilan Proses dan Hakikat Sain. Surabaya: University Prees.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Setyosary, H. P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Silberman, M. L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia
Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Suparno, P. (2007). Kajian dan Pengantar Kurikulum IPA SMP & MT. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i1.6863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ketarina Esomar, Juliana Nirahua, Frandy Akyuwen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.