MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS VII6 SMP NEGERI 1 TELAGA

Jihan Olii, Ritin Uloli, Abdul Haris Odja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII6 SMP Negeri 1 Telaga yang diajarkan kepada 34 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini diperoleh pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 59% termasuk kategori tidak kritis. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa, dengan dilakukan tindakan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 80% dengan kategori sangat kritis. Dan untuk hasil analisis data aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus II telah mencapai peningkatan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Berpikir Kritis Siswa, Inkuiri Terbimbing, Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Alghafri, S., Ali, & Nizam, H. (2014). The effectts of integrating creative and critical thinking on schools students thinking. International Journal of Social Science and Humanity.Vol. 4, No. 6.

Astuti, Y. & B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Arota, Anjas. Mursalin. Odja, Abdul Haris. (2020). The effectiveness of e-learning based on SETS to improve students’ critical thinking skills in optical instrument material. Journal of Physics: Conference Series, 1521 (2020) 022061

Barthlow, M. J. (2011). The Effecttiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Concepion in Secondary Chemistry. Lynchburg: Liberty University.

Ennis, R. H. 1985. Goals for A Critical Thinkling Curriculum. Costa, A.L., (Ed). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandra, Virginia: Assosiation for Supervision and Currulum Development (ASCD).

Sochibin, A. Dwijananti, P. Marwoto. (2009) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Vol 5 (2).

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Facion, Peter A. 1990. Critical Thinking: A Statment of Epert Consesus For Purpupos Of Education Asessment And Instruction. California Stat University

Hanafiah, N. & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.6991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jihan Olii, Ritin Uloli, Abdul Haris Odja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.