PERAN BIMBEL ONLINE PADA PEMBELAJARAN FISIKA BAGI SISWA MASA KINI

Mekar Hayu Khinanti, Khairina Fisiga, Yoga Budi Bhakti

Abstract


Pada umumnya siswa kurang tertarik untuk belajar fisika karena merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit. Mempelajari fisika merupakan suatu petualangan. Proses belajar mengajar (PBM) di sekolah masih banyak menggunakan model konvensional yang dirasa membosankan dan akibatnya banyak pelajar masa kini sulit memahami pelajaran yang dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan PBM di luar kelas salah satunya dengan memberikan bimbingan belajar (bimbel) tambahan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan oleh bidang pendidikan yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis online yang dikenal sebagai bimbingan belajar online (bimbel online). Metode yang digunakan pada penulisan ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Media aplikasi bimbingan belajar online menjadi salah satu alternatif yang dapat sangat berperan membantu siswa dalam belajar terutama pada pembelajaran fisika. Hasil akhir yang pastinya ingin didapatkan yaitu siswa tidak lagi kesulitan dalam memahami pelajaran fisika yang dipelajari di sekolah, serta meningkatnya semangat, minat, dan bakat siswa dalam pemecahan masalah terkait fisika.


Keywords


Bimbel online, Fisika, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45-50.

Amalliah, A. (2019). PERAN APLIKASI RUANG GURU SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMOTIVASI BELAJAR. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 143-156.

Astuti, D. B. (2017). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN QUIPPER VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei Pengikut Fanspage facebook Quipper Video) (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Berbagi Ilmu. (2019). Pilih Ruang Guru, Quipper Video atau Zenius? Berikut Reviewnya. https://www.rijal09.com/2019/06/pilih-ruang-guru-quipper-video-atau-zenius-berikut-reviewnya.html?m=1 (Diakses pada tanggal 30 April 2020)

Gideon, S. (2018). PERAN MEDIA BIMBINGAN BELAJAR ONLINE "RUANGGURU" DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP DAN SMA MASA KINI: SEBUAH PENGANTAR. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 167-182.

Herbiadi, A. (2012). Hubungan antara Sikap dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5).

Mulyono, F. A. (2019). Review Bimbingan Belajar Online Terbaik, Ruangguru. https://www.kompasiana.com/amp/fennyawm/5d01c10dc01a4c03116ab57d/review-bimbingan-belajar-online-terbaik-ruangguru (Diakses pada tanggal 30 April 2020)

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 39-52.

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di kota singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.7078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jambura Physics Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.